Perjalanan Timnas Indonesia di FIBA World Cup 2023 Qualifiers Berakhir


Jul 04, 2022

Timnas Indonesia kalah 52-77 atas Yordania, pada laga terakhir FIBA World Cup 2023 Qualifiers Zona Asia untuk Grup C, di Istora Senayan, Jakarta, Senin malam (4/7). Dengan hasil ini maka berakhir pula perjalanan timnas Indonesia di ajang tersebut. Indonesia satu-satunya tim di Grup C yang tidak pernah menang di babak kualifikasi ini. 

Sekadar melihat kembali jalannya pertandingan ini. Indonesia sempat unggul 18-17 di kuarter pertama. Tetapi mereka lemah di kuarter kedua dan tiga. Indonesia hanya mencetak single digit point dalam dua kuarter. Meski di kuarter keempat tim asuhan head coach Rajko Toroman berusaha bangkit, tapi terlambat. Karena Indonesia sempat tertinggal 35 poin. 

Pertandingan ini menunjukkan bahwa timnas Indonesia masih banyak kelemahan. Khususnya di rebound dan second chance. Kemudian ketika mencoba menyusul dengan three point, justru akurasi tembakan bermasalah. Indonesia mencetak 9 three point dari 37 attempt. Total dalam laga melawan Yordania, field goals precentage timnas hanya 23% (16 tembakan masuk dari 67 attempt). 

Dengan berakhirnya pertandingan melawan Yordania, maka berakhir sudah perjalanan Indonesia di FIBA World Cup 2023 Qualifiers ini. Karena dari Grup C, hanya tiga tim yang berhak lolos ke putaran kedua, yakni Yordania, Lebanon, dan Saudi Arabia. Bersamaan dengan ini, maka tertutup juga satu pintu menuju babak utama FIBA World Cup 2023. Sekarang tinggal memaksimalkan peluang lolos ke babak utama melalui syarat khusus FIBA, yaitu mendapatkan peringkat delapan besar di Asia Cup 2022. 

Terkait hal tersebut, timnas tampaknya sudah menyiapkan strategi khusus. Sebab, beberapa pemain timnas sepertinya kurang menit bermain. Contohnya Abraham Damar Grahita, Marquez Bolden, dan Arki Dikania Wisnu. Rata-rata mereka diturunkan kurang dari 15 menit. Bahkan Bolden tidak bermain sama sekali. Ini memberi keyakinan bahwa mereka sedang disiapkan untuk menghadapi FIBA Asia Cup 2022, yang akan berlangsung seminggu lagi. 

Menariknya adalah dua dari tiga negara yang menjadi lawan Indonesia di FIBA World Cup 2023 Qualifiers ini, juga satu grup di babak penyisihan FIBA Asia Cup 2022. Mereka adalah Yordania dan Saudi Arabia. Sementara itu, selain kedua tim ini, Indonesia juga akan berhadapan dengan Australia di Grup A. Jadwal pertandingan sudah diumumkan. FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta akan dimulai pada 12 hingga 24 Juli 2022. (*)