News Event

Pelita Jaya Tumbang, Hangtuah Menangi Drama Melawan West Bandits

17 September 2023
|

Pertandingan Quarter Finals IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 berlangsung sengit dan penuh kejutan. Tim-tim unggulan tidak bisa melanjutkan langkah menuju tangga juara setelah kalah di fase ini. Termasuk Pelita Jaya, yang sebelumnya tampil sempurna. 

Di quarter finals pertama, Satria Muda Pertamina Jakarta bertemu Bima Perkasa Jogja. Ini merupakan ulangan partai puncak IBL 3x3 musim lalu. Sepertinya kekuatan Bima Perkasa berbeda jauh tahun ini. Sebab, jangankan melawan, Bima Perkasa justru dihabisi dalam waktu delapan menit saja. Satria Muda menang dengan skor 21-10. Mereka berhak melaju ke babak semifinals.

Berlanjut ke semifinal kedua, Pelita Jaya Bakrie Jakarta tampil percaya diri menghadapi Bumi Borneo Basketball Pontianak. Pelita Jaya sempat unggul 2-1 di awal laga. Situasi berubah di lima menit terakhir, di mana Bumi Borneo ungguk 11-7 dari Pelita Jaya. Bumi Borneo semakin di atas angin ketika Calvin Chrissler memasukkan tembakan dua angka di tiga menit terakhir untuk memimpin 16-10. Sementara poin kemenangan Bumi Borneo dicetak oleh Raymond Shariputra, yang membuat mereka menang 21-13. Pelita Jaya tersingkir dari persaingan juara di seri pertama ini. 

Selanjutnya, Satya Wacana Salatiga berhadapan dengan RANS PIK Basketball. Laga berjalan alot hingga tiga menit waktu tersisa, di mana Satya Wacana unggul 9-7 atas RANS. Kemudian kedua tim saling bergantian memimpin jalannya laga. Sampai akhirnya laga harus dilanjutkan dengan babak tambahan waktu. Akhirnya RANS yang lolos ke babak semifinal dengan kemenangan 18-17 atas Satya Wacana. 

Di quarter finals terakhir ada West Bandits Solo yang harus gigit jari setelah dikalahkan Amartha Hangtuah Jakarta dengan skor 21-20. West Bandits masih unggul 20-19 hingga 25 detik terakhir. Kesalahan mereka dalam mengantisipasi Dandung O'Neal Pamungkas di luar busur berakibat fatal. Karena Dandung berhasil membuat tembakan tersebut, serta menyudahi perlawanan West Bandits. Respati Ragil Pamungkas dan kawan-kawan tampil luar biasa selama turnamen ini. 

Peta semifinal sudah dipastikan. Satria Muda menghadapi Bumi Borneo Basketball Pontianak, dan yang kedua ada RANS PIK Basketball berhadapan dengan Amartha Hangtuah Jakarta. (*)

Baca Juga: West Bandits Cetak Sejarah, Dua Kali Semifinal dalam Dua Musim

0 Comments