News Event

Pelita Jaya Sapu Bersih Ronde Pertama

20 July 2024
|

Pelita Jaya Jakarta menjadi tim pertama yang sapu bersih di IBL Playoffs 2024 First Round. Mereka melangkah ke semifinals setelah menang 82-71 melawan Bali United Basketball, pada Game 2, di Indoor Stadium SC Tangerang, Sabtu malam (20/7). Pelita Jaya akan berhadapan dengan Prawira Harum Bandung di babak empat besar. 

Pelita Jaya menjadi satu-satunya tim yang berhasil sapu bersih (2-0), di playoffs first round. Karena Dewa United Banten, akan melakoni Game 3 melawan Borneo Hornbills untuk penentuan tiket semifinals terakhir. Namun sebelum memastikan kemenangan keduanya, Pelita Jaya sempat tertinggal 10 angka dari Bali United. 

Salah satu kunci kemenangan Pelita Jaya malam ini adalah pertahanan yang agresif. Khususnya terjadi di kuarter ketiga, di mana mereka mengunci Bali United. Abraham Wenas dan kawan-kawan hanya mencetak sembilan poin di kuarter ketiga. Sementara di kuarter keempat, Pelita Jaya hanya tinggal menjaga keunggulannya. 

Andakara Prastawa memimpin Pelita Jaya dengan 23 poin. Prastawa mencetak field goals sembilan dari 10 percobaan sepanjang laga, termasuk lima kali three point. Jerome Anthony Beane Jr. menyusul dengan kontribusi 17 poin dari bench. Beane mencetak 15 dari 17 poinnya di kuarter keempat. Justin Brownlee menambahkan 14 poin, dan M. Reza Fahdani Guntara menyelesaikan laga dengan kontribusi 11 poin. 

Sebaliknya, Kierell Green mencetak double-double dengan 26 poin dan 12 rebound. Xavier Cannefax menyusul dengan 14 poin, Abraham Renoldi Wenas 12 poin, dan Ryan Batte 11 poin. Bali United tersingkir dari playoffs ronde pertama dua musim berturut-turut. Karena sebelumnya, mereka juga gagal melewati fase ini setelah disapu Satria Muda Pertamina Jakarta dua game. 

Selanjutnya, Pelita Jaya akan berhadapan dengan Prawira. Kedua tim pernah bertemu di Final IBL 2023, yang akhirnya dimenangkan Prawira. Dengan kata lain, kontestan Final IBL tahun ini akan berbeda dengan tahun lalu. Sebab finalis tahun sebelumnya sudah bertemu di semifinals. (*)

Baca Juga: Ronde Pertama IBL Playoffs 2024 Berakhir Dengan Penuh Kejutan

0 Comments