Pelita Jaya Kandaskan Perlawanan Amartha Hangtuah


Mar 16, 2022

Pelita Jaya Bakrie Basketball harus bekerja sangat keras sebelum menundukkan Amartha Hangtuah pada lanjutan Kompetisi IBL Tokopedia 2022 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Maret.

Sejak awal laga memang berlangsung sengit. Muhammad Hardian Wicaksono memulai angka buat Pelita dilanjutkan oleh Andakara Prastawa Dhyaksa. Gunawan mengawali poin Hangtuah, Fisyaiful Amir dan Anton Waters Sr. lalu membuat Hangtuah unggul. Dua poin Dior Lowhorn dibalas Fisyaiful. Three points dari Katon Aji Baskoro dan Govinda Julian Saputra membalikkan keunggulan untuk Pelita. Waters dan Lowhorn berbalas dua angka. Satu free throw Stefan Carsera dan jumpshot Fisyaiful membuat Hangtuah memimpin, namun tembakan tiga angka Fernando Fransco Manansang menutup kuarter pertama untuk keunggulan Pelita, 17-16.

Muhammad Arighi membuka angka Pelita dengan tembakan tiga angka pada kuarter kedua. Fernando menambah selisih, namun Kelly Purwanto dan Waters menyamakan kedudukan pada lima menit akhir babak pertama, 22-22. Di’mari Hill dan Carsera berbalas angka disusul oleh Waters dan Lowhorn. Kelly sempat membuat Hangtuah memimpin, tetapi Lowhorn membuat Pelita tetap mengambil alih pimpinan. Pelita uggul dua angka di babak pertama, 30-28.

Hangtuah lebih produktif pada kuarter ketiga. Fisyaiful menyamakan kedudukan, dunk Carsera bahkan membuat Hangtuah unggul, namun three points Wicaksono membalasnya. Giliran Waters memberi poin dan keunggulan. Reggie William Mononimbar dan Carsera berbalas dua poin. Three points dan driving Carsera juga dibalas dua angka Reggie  dan Wicaksono. Dua angka Lowhorn membuat Pelita memimpin pada lima menit awal babak kedua, 41-39.

Waters dan Amaludin Ragol membuat Hangtuah unggul lagi, namun ditepiskan oleh angka dari Lowhorn dan Prastawa. Laqavious Cotton memborong angka dan Hangtuah kembali unggul sebelum Prastawa melesakkan dua free throw. Cotton menyamakan dan Kelly memberi keuntungan selisih bagi Hangtuah. Steal dan poin Cotton menutup kuarter ketiga bagi keunggulan Hangtuah, 53-49.

Ketinggalan empat angka dengan cepat dikejar oleh Pelita diawal kuarter keempat lewat poin dari Vincent Rivaldi Kosasih dan Hill. Dua free throw Cotton juga bisa disamakan oleh Vincent. Dua tembakan tiga angka Prastawa menjadi momentum bagi Pelita, 61-55. Govinda menambah, Waters membalas. Tembakan tiga angka Gunawan sempat memberi harapan pada Hangtuah, menipiskan selisih menjadi tigan angka. Prastawa menjaga marjin, Fisyaiful kembali memperpendek. Lay up Reggie dibalas dua free throw Waters. Drive Govinda dan free throw Reggie menambah selisih, Fisyaiful mempersempit jarak . Free throw Prastawa dibalas jump shot Waters dan free throw Wicaksono menjadi angka terakhir lag aini. Pelita menang 74-69.

Prastawa mencetak 18 angka dan Lowhorn mengemas 14 angka bagi Pelita. Waters membuat double-double untuk Hangtuah dengan 23 angka dan 14 rebound. Fisyaiful mencetak 15 angka dan Carsera mendulang sepuluh poin.