News Event

Pelita Jaya Juara! Gelar Pertama Setelah Empat Kali Final

04 August 2024
|

Pelita Jaya Jakarta adalah juara IBL Tokopedia 2024. Kepastian tersebut didapatkan setelah mereka memenangkan Game 3 melawan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor akhir 73-65, di Indoor Stadium SC, Tangerang, Minggu malam (4/8). Ini adalah gelar juara pertama Pelita Jaya setelah melewati empat kali Final IBL. 

"Gelar juara ini merupakan akhir dari penantian panjang kami. Saya tegaskan ini bukan hanya saya saja, tetapi ini kerja tim. Gelar ini untuk PJ Holics dan IBL Fans," kata Andakara Prastawa Dhyaksa. 

Pelita Jaya sudah menelan pil pahit di tiga edisi Final IBL, yaitu di tahun 2021, 2022, dan 2023. Tetapi di tahun ini, mereka bisa mengakhiri puasa gelar tersebut. Pelita Jaya terakhir menjadi juara IBL pada tahun 2017. Faktanya, dalam tim Pelita Jaya tahun ini ada bagian dari tim juara di tahun 2017. Pertama, tentu saja adalah head coach Johannis Winar. Kedua, ada Adhi Pratama Prasetyo Putra, yang kini menjabat sebagai manajer tim Pelita Jaya. 

Pelita Jaya sempat kalah di Game 1 dengan skor 71-84. Namun mereka bisa bounce-back dan memenangkan dua pertandingan final. Mereka menang 82-70 di Game 2, serta memenangkan Game 3 untuk menyegel gelar juara tahun ini. Dengan menjadi juara di tahun 2024, maka total gelar yang didapatkan Pelita Jaya adalah empat kali. Mereka pernah menjadi juara Kobatama di tahun 1990, dan 1992. Kemudian juara IBL 2017 dan 2024. 

"We did it. It's not about I'm alone, this is about team," tegas Johannis Winar. "Saya bersyukur sama Tuhan. Selama perjalanan dari awal. Tuhan melindungi pemain saya sehingga semua pemain bisa sehat sampai akhir. Sehingga kami bisa mendapatkan gelar juara ini."

Pelita Jaya musim ini bermain luar biasa di musim reguler. Mereka mencetak 22 kemenangan dari 26 pertandingan. Kemudian menyapu bersih playoffs ronde pertama dan ronde kedua (4-0). Di babak Final, Pelita Jaya unggul 2-1 atas Satria Muda. Pelita Jaya akhirnya menjadi juara setelah tujuh tahun. 

"Alhamdulillah hari ini, Pelita Jaya berhasil mengambil gelar juara," kata owner Pelita Jaya, Syailendra Bakrie. "Kalau tidak salah, musim ini adalah musim terpanjang yang kami ikuti. Perjalanan yang panjang, jumlah pertandingan yang banyak, karena musim ini kami bermain di IBL dan BCL (Basketball Champions League)."(*)

Baca Juga: Perjalanan Pelita Jaya Sebelum Kembali ke Final IBL

0 Comments