News Event

Pablo Favarel Beri Kesempatan Pemain Lokal Tampil

29 May 2024
|

Dewa United Banten menjadi salah satu tim yang unik sejauh ini. Terutama dari sisi pembagian menit bermain sepanjang musim reguler IBL Tokopedia 2024 hingga pekan ke-13. Mereka adalah tim yang memberikan kesempatan bermain cukup besar kepada pemain lokalnya. 

Head coach Pablo Favarel tampaknya tidak ingin seorang pemain hanya menjadi penghangat bangku cadangan saja. Ketika ada kesempatan, pelatih pasti memberikan menit bermain kepada semua anak asuhnya untuk tampil. Seperti yang bisa kita saksikan dalam dua pertandingan di pekan ke-13. 

Pada lawan melawan Borneo Hornbills, lima pemain yang menutup pertandingan adalah Lucky Abdi Pasondok, Febrianus Khiandio, Dio Tirta Saputra, Radithyo Wibowo, dan Kristian Liem. Mereka tampil bersama setelah Gelvis Solano dan Tavario Miller ditarik keluar di sisa empat setengah menit. Mereka dibebani tugas untuk tetap menjaga keunggulan Dewa United yang sudah memimpin 25 angka (86-61) hingga akhir laga. 

Sementara pada pertandingan berikutnya, melawan Amartha Hangtuah Jakarta, lima pemain yang bertugas menjaga keunggulan adalah Bryan Fernando Korisano, Darryl Winata, Firman Dwi Nugroho, Dio Tirta Saputra, dan Radithyo Wibowo.  Di sini cukup menarik, di mana ada dua rookie yang dimainkan bersama-sama, yaitu Darryl dan Radithyo. Ini memberikan bukti bahwa coach Pablo sangat yakin dengan kemampuan pemainnya. Tidak peduli statusnya sebagai pemain lama atau baru di liga. 

Memang saat melawan Hangtuah, semua pemain Dewa United sedang wangi. Mereka mencetak akurasi tembakan dengan persentase 54%, termasuk 23 three point dalam satu pertandingan, yang menjadi rekor di sepanjang perjalanan liga bola basket Indonesia. Namun kembali membahas tentang performa pemain lokal, mereka diberi tugas untuk menjaga keunggulan Dewa United di empat menit terakhir. 

Mengingat posisi Dewa United yang ada di papan atas klasemen sementara, penting bagi mereka untuk menyiapkan skuad menuju babak playoff. Tujuannya agar saat postseason dimulai, rotasi pemain bisa berjalan dengan baik. Tidak ada ketimpangan dari lini utama dan pemain bangku cadangan. 

Dewa United masih punya waktu untuk memanaskan mesin sebelum playoffs di beberapa pekan ke depan. Pada pekan ke-14 nanti, Dewa United akan menjalani satu laga saja. Mereka akan bertandang ke Bandung untuk bertanding melawan Prawira di akhir pekan. (*)

Baca Juga: Dewa United Banten Punya Kepercayaan Diri Tinggi

0 Comments