News Event

Oei A Kiat Gantikan Sung Jae-sik di Elang Pacific Caesar Surabaya

10 May 2023
|

Terjadi perubahan dalam tubuh tim Elang Pacific Caesar Surabaya selama jeda musim ini. Head coach asal Korea, Sung Jae-sik ternyata mengundurkan diri setelah seri Semarang. Kini tugasnya digantikan oleh asisten pelatih Oei A Kiat, dan dinaikkan menjadi head coach. A Kiat akan mengawal Pacific menyelesaikan regular season IBL Tokopedia 2023. 

Elang Pacific mengalami musim yang sulit. Sebab, dari 19 pertandingan, mereka baru menang dua kali. Kondisi yang sama juga dialami Satya Wacana Salatiga. Sehingga, kedua tim ada di dasar klasemen sementara liga. Pacific berada di urutan ke-15, dan bukan juru kunci. Karena mereka berhasil mengalahkan Satya Wacana dua kali musim ini. 

Namun sepertinya, ini bukan hasil yang diinginkan manajemen. Karena saat perkenalan pelatih Sung Jae-sik, manajemen berharap dirinya bisa mengulang prestasi terbaik tim tersebut saat tahun 1998-2000. Saat itu, pelatih Sung mengatakan kalau tim ini belum siap seratus persen. 

"Pemain terus bekerja keras dalam latihan dan kami siap," kata Sung. "Hasilnya nanti seperti apa saya tidak tahu, tapi kami mau coba supaya bisa masuk delapan besar."

Tapi apa yang dikatakan Sung memang benar-benar terjadi. Elang Pacific belum bisa kompetitif di tengah kerasnya persaingan liga. Namun, karena Sung mengundurkan diri, maka manajemen harus segera mengambil sikap. Sampai keluar keputusan bahwa Oei A Kiat yang akan berada di kursi panas head coach untuk menyelesaikan musim kompetisi 2023. A Kiat sebenarnya cukup dikenal di IBL Fans, karena pernah menangani Bima Sakti Malang selama bertahun-tahun. Terakhir A Kiat muncul sebagai pelatih di IBL 2016. 

Oei A Kiat, mantan pemain bintang IBL asal Sumut berdomisili di Malang. Dia eks shooting guard Bima Sakti Malang, shooter spesialis tiga angka dengan gaya tembak unik namun sangat efektif. A Kiat sempat menjadi pelatih Bima Sakti Malang sampai tim ini berubah menjadi Bima Perkasa dan pindah ke Jogjakarta. A Kiat kembali muncul di IBL Tokopedia 2023 sebagai asisten pelatih Elang Pacific. (*)

Baca Juga: Kursi Pelatih Elang Pacific Kosong Karena Lepas Oei A Kiat

0 Comments