NSH Mountain Gold Timika Cari Sosok Pelatih Muda


Jun 28, 2021

NSH Mountain Gold Timika baru saja kehilangan Antonius Ferry Rinaldo yang menduduki kursi pelatih selama dua musim terakhir. Kedua pihak sepakat berpisah setelah prestasi jeblok di IBL Pertamax 2021 lalu. Kali ini manajemen sedang mencari sosok pelatih muda.

Prestasi NSH di IBL mengalami peningkatan dalam empat musim terakhir. Atau, kalau lebih dalam lagi sejak mereka dipegang oleh pelatih Wahyu Widayat Jati. Pelatih yang sukses bersama CLS Knights Surabaya tersebut berhasil mengubah culture basket di NSH. Tim ini jadi lebih bersemangat dengan banyaknya pemain-pemain muda potensial. Puncaknya, NSH bisa sampai di babak empat besar di tahun kedua kepemimpinan Coach Cacing.

Bergeser ke era AF Rinaldo, di tahun pertama NSH sudah mampu tampil sebagai runner-up di klasemen IBL Pertamax 2020. Mereka menjadi salah satu tim papan atas di liga. Sayangnya semua terhenti setelah pandemi melanda. Menyisakan NSH dengan pemain-pemain muda yang bersemangat, namun minim pengalaman bermain. 

Mau tidak mau, NSH harus memperbaiki roster ketika IBL Pertamax digelar tanpa pemain asing. Sejumlah pemain senior ditambahkan seperti Rizky Effendy, Ruslan, hingga mendatangkan Ebrahim Enguio Lopez atau yang akrab disapa Biboy. Tapi usaha tersebut tidak membuat mereka tampil layaknya tim papan atas. NSH terpuruk, dengan hanya mampu menang empat kali dari 12 pertandingan. 

Ternyata manajemen membuat sebuah keputusan untuk melakukan pergantian pelatih. Menurut penutusan Yusuf Arlan Ruslim sebagai manajer tim, NSH mencari sosok pelatih lokal dan muda. 

"Meski sedang tren pelatih asing, kami tetap percaya pelatih lokal. Mungkin yang kami prioritaskan adalah pelatih muda. Kami ingin mencoba talenta mereka dalam melatih, terlebih tim ini juga berisi pemain muda. Jadi perbedaan usia yang tidak terlalu jauh bisa memudahkan komunikasi," katanya.

Manajemen NSH belum mau menyebutkan siapa kandidat untuk pelatih musim depan. Tapi mereka sudah mengantongi beberapa nama yang diincar. Targetnya, NSH sudah punya pelatih baru di bulan Juli 2021 nanti. Agar persiapan untuk liga musim depan segera dilakukan.

Sementara ini, latihan tim sudah dimulai. Mereka dipimpin oleh asisten pelatih Agus Pamungkas Batbual dan Ruspin Gultom. (*)