Menunggu Kejutan West Bandits Combiphar Solo


Jun 08, 2022

Kemunculan perdana West Bandits Solo di IBL musim lalu berhasil mencuri perhatian pecinta basket tanah air. Klub yang awalnya bertanding di liga amatir tersebut membuktikan diri bahwa mereka layak naik kelas. Berbekal dukungan dari banyak pihak, kini West Bandits Combiphar Solo tampil bagus dan masuk Playoffs IBL Tokopedia 2022. Sehingga IBL Fans menantikan, kejutan apa yang akan disiapkan oleh tim asuhan Raoul Miguel Hadinoto tersebut. 

Sekadar mengingatkan kalau pada IBL Pertamax 2021, West Bandits mengumpulkan 8 kemenangan dari 16 game musim reguler. Karena aturan yang mengharuskan Indonesia Patriots tidak masuk Playoffs, maka sebagai gantinya West Bandits yang ada di urutan keempat, maju ke babak sistem gugur ini. Justru di sini, kita semua bisa melihat bahwa West Bandits tidak boleh dipandang sebelah mata. 

West Bandits menumbangkan Prawira Bandung, dengan keunggulan 2-1 dengan sistem best of three. Sementara di semifinal, mereka kalah telak (0-2) dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Pada akhirnya, SM menjadi juara di musim 2021. Tapi prestasi empat besar membuat West Bandits jadi idola baru di IBL. 

Sedikit review prestasi musim lalu. Kini di IBL Tokopedia 2022, West Bandits membuat banyak perubahan. Selain roster pemain, mereka juga mendapatkan dukungan dari manajemen. Dimulai dengan masuknya Gading Marten sebagai presiden klub, hingga munculnya beberapa brand ternama sebagai sponsor. 

Perubahan besar memang terjadi di tim ini. West Bandits bisa dikatakan sangat layak masuk Playoffs dengan rekor 14-8 di regular season. West Bandits merupakan tim dengan catatan rata-rata poin tertinggi kedua musim ini dengan 73,6 ppg. Dari sisi assist mereka di peringkat ketiga dengan 16,3 apg. Sameen Swint menjadi pencetak angka terbanyak dengan 21,2 ppg dalam 12 game. Sementara dari pemain lokal, Widyanta Putra Teja membukukan 11,3 ppg dalam 22 game. 

Salah satu catatan tim ini adalah rebound. Mereka hanya mengumpulkan 35,1 rpg, atau menempati urutan ke-14 dari 16 tim. Artinya produktifitas rebound cukup rendah, sehingga celah tersebut bisa dimanfaatkan lawan. Dengan waktu persiapan Playoffs yang cukup lama, diharapkan kelemahan tersebut bisa diatasi. Sehingga West Bandits bakal memberi kejutan lagi di Playoffs. Mari kita tunggu saja, kejutan apa yang disiapkan West Bandits musim ini. (*)