Menanti Pembuktian Rivaldo Tandra


Feb 18, 2020

Menjalani musim debut, Rivaldo Tandra Pangesthio, digadang-gadang bakal menyabet penghargaan pendatang baru terbaik. Nama besar Rivaldo yang sudah besar di 3x3 membuatnya diunggulkan ketimbang rookie lain.

Namun, perjalanan Rivaldo ternyata tidak terlalu mulus. Bersama Satria Muda Pertamina Jakarta, penampilan Rivaldo terbilang belum maksimal.

Rivaldo memiliki rataan turnover yang lumayan tinggi yakni 1,3. Secara efisiensi serangan, Rivaldo juga tidak istimewa dengan hanya mencatatkan 0,68 angka.

Bahkan, Rivaldo mencatatkan FG terendah di antara rookie lain dengan hanya 28 persen dari 3,3 percobaan tembakan. Di awal, Rivaldo sadar nama besar tidak akan membuatnya mudah menjalani musim perdana di IBL. 

“Pertama saya harus beradaptasi dengan tim dan pelatih baru. Untuk bermain dan mendapatkan minute play harus terlebih dahulu membuat pelatih berkesan,” ujar Rivaldo.

Meski masih rendah dalam efektifitas serangan, Rivaldo memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik. Peraih medali perak SEA Games 2019 itu memiliki rataan stelah dan block yang tinggi di antara rookie lain.