Memukul, Hal Shane Heyward Dihukum


Mar 11, 2022

Pemain RANS PIK Basketball, Hal Shane Heyward dikenakan sanksi larangan bermain lima pertandingan dan denda Rp. 20 Juta setelah diketahui memukul pemain Prawira Bandung, Taj Davis Spencer saat kedua tim bertemu, Rabu 9 Maret.

Seluruh wasit dan IBL telah melakukan review dan memastikan terjadi pemukulan pada kuarter keempat saat tersisa waktu 2 menit 25 detik.

"Hukuman ini sesuai dengan Peraturan Pertandingan IBL Bab V Pasal 3 ayat 2," kata manager kompetisi  IBL ,Rufiana. 

Pasal tersebut menyatakan : personil klub yang saat pertandingan melakukan pemukulan, menendang, menyikut  dan kekerasan fisik lain dengan disengaja, baik sebagai inisiator maupun pembalasan terhadap sesama pemain, pelatih, manager, ofisial, IBL dan penonton/suporter pada kegiatan IBL dapat dikeluarkan dari pertandingan, dikenakan sanksi larangan mendampingi minimal 5(lima) kali pertandingan serta dikenakan denda minimal sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah).

Meskipun tindakan pemukulan, menendang, menyikut atau dan bentuk tindakan kekerasan fisik lain tersebut tidak terlihat oleh wasit, tetapi terlihat melalui rekaman video, maka personil yang bersangkutan tetap akan dikenakan sanksi dan denda.

Sanksi dan denda serupa juga akan dikenakan apabila kekerasan fisik dilakukan di luar pertandingan.