Melihat Persiapan 8 Tim Jelang IBL Tokopedia Playoffs 2022


Jul 29, 2022

Setelah keseruan FIBA Asia Cup 2022 berlalu, kini penggemar basket Indonesia kembali diajak untuk menyaksikan persaingan liga basket kasta tertinggi di tanah air. IBL Tokopedia 2022 akan memasuki babak Playoffs, yang dimulai pada 13 Agustus mendatang. Namun sebelum itu, ada baiknya kita melihat persiapan 8 tim yang bakal tampil di fase ini. 

Setelah masing-masing tim memainkan 22 game selama musim reguler, maka ada 8 tim yang berhak masuk Playoffs. Berurutan dari peringkat pertama hingga kedelapan, yaitu Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Bandung, NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Combiphar Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta, dan terakhir RANS PIK Basketball.

Sistem kompetisi Playoffs tahun ini kembali seperti sedia kala, di mana tim urutan pertama bertemu dengan tim urutan kedelapan, begitu seterusnya hingga tercipta bagan yang berisi, Pelita Jaya melawan RANS PIK, NSH melawan West Bandits, Satria Muda bertemu Hangtuah, dan Prawira berhadapan dengan Dewa United. Pertandingan menggunakan sistem best-of-three dari Playoffs hingga Finals. 

Menarik untuk mengikuti persiapan klub-klub ini dengan segala dinamikannya. Sebenarnya IBL Tokopedia 2022 Playoffs ini punya waktu persiapan yang panjang. Hampir tiga bulan liga diliburkan karena ada agenda internasional seperti SEA Games, FIBA World Cup 2023 Qualifiers, dan FIBA Asia Cup 2022. Jadi tidak ada alasan bagi 8 tim ini untuk tidak menampilkan performa terbaiknya. 

Kendala yang dihadapi tim-tim ini juga beragam, seperti terputusnya kerjasama dengan pemain asing. Sehingga ada beberapa klub yang harus mencari pemain asing baru. Sementara ada juga yang mengganti pelatihnya. Semuanya dilakukan agar bisa memenangkan babak playoff, dan menjadi juara di IBL musim 2022 ini. 

Setiap tim punya persiapan yang matang. IBL Fans bisa melihatnya di akun media sosial klub masing-masing. Beberapa pemain timnas Indonesia juga sudah bergabung kembali dengan klubnya. Mereka bisa menambah kekuatan, bahkan bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekannya. Tapi tentu yang paling penting bagi mereka adalah mengejar materi latihan yang sudah diberikan pelatih untuk menghadapi babak playoff ini. 

Pelita Jaya sudah berlatih dengan tim yang lengkap setelah Andakara Prastawa Dhyaksa, Vincent Rivaldi Kosasih, dan M. Arighi kembali dari timnas Indonesia. Begitu juga dengan Satria Muda yang dua pilarnya sudah kembali yakni Juan Laurent Kokodiputra dan kapten tim, Arki Dikania Wisnu. Prawira Bandung beberapa hari yang lalu tampak gembira menyambut Abraham Damar Grahita dan Yudha Saputera. 

Dari sisi pemain asing, wajah-wajah baru juga sudah muncul di media sosial masing-masing klub. Hanya saja, masih ada klub yang belum merilis namanya, sebagai kejutan bagi fans masing-masing. Ini semakin membuat IBL Fans penasaran, dan ingin segera menyaksikan babak playoffs. 

IBL Tokopedia 2022 Playoffs akan berlangsung di C-Tra Arena Bandung. Semua tim menjalani pertandingan pertama di tanggal 13 Agustus, dan laga kedua di tanggal 14 Agustus 2022. Kalau hasilnya seri, maka laga penentuan digelar 15 Agustus 2022. (*)