Mampukah Fictor G. Roring Membawa Pelita Jaya Juara Lagi?


Jun 16, 2022

Ekpektasi tinggi ada di pundak tim pelatih Pelita Jaya Bakrie Jakarta musim ini. Karena di dalam rosternya sekarang banyak pelatih-pelatih top di Indonesia. Dipimpin oleh Fictor G. Roring, dan kini masuk Koko Heru Setyo Nugroho. IBL Fans khususnya penggemar Pelita Jaya berharap keduanya bisa membawa tim meraih gelar juara musim ini.

Romantisme Pelita Jaya dan Fictor G. Roring sudah berlangsung sejak lama. Kalau kita ingat kembali sejarah klub, Pelita Jaya pernah juara liga dua kali, yakni di tahun 1991 dan 2017. Pada tahun 2017 inilah Fictor G. Roring atau yang akrab disapa Coach Ito menjadi bagian dari tim pelatih. Dia berduet dengan Coach Ahang (Johannis Winar). 

Coach Ito sendiri pernah menangani tim secara langsung pada musim 2018-19. Tetapi mereka terhenti di babak Playoffs, setelah kalah dari Pacific Caesar Surabaya di Batam. Setelah itu, Coach Ito lebih banyak di balik layar. Lalu musim ini, dia kembali turun langsung sebagai head coach. Hasilnya Pelita Jaya menjadi tim peringkat teratas di klasemen akhir regular season IBL Tokopedia 2022 dengan 20 kemenangan dari 22 pertandingan. 

Fans Pelita Jaya tentu berharap Coach Ito bisa mengulang sukses seperti tahun 2017. Sementara, amunisi tambahan juga memberi optimisme baru, yaitu kehadiran Koko Heru Setyo Nugroho. Dia pernah menjadi bagian dari Kalila dan Pelita Jaya sebagai asisten di tahun 2008 hingga 2013. Selain punya pengalaman pernah menjuarai IBL dan ABL, Koko juga sempat bertugas sebagai head coach RANS PIK Basketball di regular season IBL Tokopedia 2022. 

Playoffs sendiri bakal menarik. Karena Pelita Jaya akan berhadapan dengan RANS PIK Basketball di putaran pertama. Ini berarti Koko akan bertanding melawan tim yang pernah ditangani musim ini. Menjadi catatan sejarah baru di IBL bahwa ada pelatih yang berhadapan dengan mantan timnya di musim yang sama pada Playoffs. Rasanya sudah tidak sabar menanti kelanjutan IBL Tokopedia 2022. (*)