News Event

Lima Tim Sudah Mengunci Posisi Playoffs

11 June 2024
|

Zona playoffs menjadi tempat yang sakral bagi para kontestan jika sudah memasuki fase akhir dari musim reguler IBL Tokopedia 2024. Setidaknya ada lima tim yang sudah memastikan diri lolos ke playoffs. Namun posisi mereka masih bisa berubah, seiring belum selesainya musim reguler. Semua tim harus menyelesaikan 26 pertandingan musim ini. 

Perjalanan IBL Tokopedia 2024 yang dimulai sejak bulan Januari lalu, sudah mendekati ujungnya. Setelah pekan ke-15 berakhir, maka ada lima tim yang sudah dipastikan lolos ke playoffs. Mereka adalah Dewa United Banten, Pelita Jaya Jakarta, Kesatria Bengawan Solo, Satria Muda Pertamina Jakarta, dan Prawira Harum Bandung. Karena tim-tim tersebut sudah melewati 13 atau lebih kemenangan untuk melaju ke playoffs.

Dewa United Banten untuk sementara ada di peringkat pertama dengan rekor 18-3. Bahkan mereka sudah dipastikan lolos ke playoffs sejak pekan ke-11. Namun tiga kekalahan di fase akhir, tampaknya membuat Dewa United sedikit kesulitan untuk mempertahankan posisi puncak klasemen. Mereka harus mengalahkan dua tim di papan atas untuk memastikan peringkatnya di klasemen akhir. 

Pelita Jaya Jakarta memang tidak bermain di pekan ke-15, dan juga tidak akan tampil di pekan ke-16. Ini lantaran Pelita Jaya sedang berjuang di Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 di Dubai, UEA. Namun Pelita Jaya sudah mengoleksi 18 kemenangan dari 20 pertandingan musim reguler IBL Tokopedia 2024. Pelita Jaya masih punya sisa pertandingan melawan empat tiga tim teratas, yaitu Dewa United, Kesatria, dan Satria Muda. Namun mereka berada di peringkat kedua klasemen sementara setelah pekan ke-15 berakhir. 

Di bawah Dewa United dan Pelita Jaya, ada Kesatria Bengawan Solo. Kontestan baru ini langsung menggebrak liga di musim perdananya. Kesatria memiliki 18 kemenangan dari 20 pertandingan. Head coach Efri Meldi rupanya belum puas dengan pencapaian ini. Mereka tetap berjuang untuk mendapatkan posisi tertinggi di klasemen akhir. Kesatria punya modal bagus dengan mengalahkan Dewa United, tapi mereka perlu membalas kekalahan atas Pelita Jaya agar posisinya di klasemen bisa lebih tinggi lagi.

Tim keempat yang sudah dipastikan lolos playoffs adalah Satria Muda Pertamina Jakarta. Sejak pergantian pelatih dan kehadiran pemain asing baru, Satria Muda mengumpulkan enam kemenangan beruntun hingga pekan ke-15. Rekor pertandingan Satria Muda meningkat jadi 15-7. Satria Muda kini kembali menjadi ancaman bagi tiga tim teratas di liga. Mereka pun berniat untuk terus mempertahankan tren positif hingga akhir musim reguler. 

Terakhir, atau tim kelima yang sudah jelas lolos ke playoffs adalah Prawira Harum Bandung. Sang juara bertahan belum pernah kalah dalam delapan pertandingan berturut-turut. Mereka juga mencuri kemenangan dari Pelita Jaya dan Dewa United yang notabene ada di papan atas. Prawira meraih 14 kemenangan dari 18 pertandingan. Mereka masih punya delapan laga tersisa di musim reguler 2024.

Namun seperti yang dijelaskan di awal bahwa masih ada perubahan posisi, mengingat masih banyak pertandingan yang tersisa dari tim-tim tersebut. Jadi ikuti terus perkembangan liga hanya di iblindonesia.com. (*)

Baca Juga: RANS Lolos Playoffs Setelah Taklukkan Pacific Lewat Overtime

0 Comments