Lewat Indonesia Patriots, Pemain Timnas Muda Digembleng di IBL Tokopedia 2022


Jan 12, 2022

 

Program Timnas Elite Muda bentukan PP Perbasi melanjutkan pembinaan pemain muda, guna menyiapkan pelapis timnas senior. Kali ini ada 16 pemain yang tergabung dalam Indonesia Patiots. Mereka bakal tampil di IBL Tokopedia 2022, seperti dua tahun sebelumnya.

 

IBL Fans tentu sudah mulai akrab dengan nama Indonesia Patriots. Tim yang dibentuk sebagai wadah pemain timnas, dan mencari jam terbang di IBL. Dua tahun lalu, Indonesia Patriots berisi timnas senior. Setelahnya, di IBL Pertamax 2021, tim tersebut diisi oleh pemain Timnas Elite Muda. Penampilan mereka cukup mengejutkan publik basket tanah air. Oleh karenanya, program ini diteruskan. Tapi pemainnya kali ini sebagian besar baru.

 

Nama-nama lama dalam roster Indonesia Patriots yakni Dame Diangne, Serigne Modou Kane, Aldy Izzatur Rachman, Mario Davidson, dan Ali Bagir Wayarabi Alhadar. Selebihnya banyak nama-nama pemain baru seperti Mikael baliba,mereka dijaring melalui seleksi pemain yang dilakukan PP Perbasi dengan rentan usia sampai 23 tahun. Tujuannya sudah jelas, yakni menyiapkan pelapis timnas senior, dan meningkatkan jam terbang mereka melalui kompetisi IBL. 

 

Dari jajaran official, George Fernando Dendeng berperan sebagai Team Director. Menyusul di belakangnya ada Andy "Batam" Poedjakesuma sebagai General Manager. Lalu Team Manager dipercayakan kepada Jamin Mattotoran. Untuk urusan kepelatihan, posisi pelatih kepala kali ini dipegang oleh Milos Pejic. Pelatih yang sudah dua musim memegang Satria Muda Pertamina Jakarta. Dia dianggap mampu membentuk pemain muda agar lebih siap untuk menghadapi event-event internasional di kemudian hari. 

 

Sebagai pendamping Milos Pejic, PP Perbasi menunjuk tiga pelatih yakni Ricky Gunawan, yang dikenal sebagai pelatih tim PON Jawa Barat. Ada pula Roland Robinson Yossy Lengkong, yang merupakan pelatih tim PON Sulawesi Utara. Terakhir ada nama Anas Wahyudi sebagai pendamping ketiga. Indonesia Patriots bakal tampil hanya di reguler season saja. Mereka tidak akan sampai ke Playoffs. Peraturan tersebut sama seperti dua tahun sebelumnya. Karena tujuan utama ikut IBL untuk memberikan pengalaman bertanding kepada pemain-pemain muda. (*)

 

 

 

Credit Foto : Amartha Hangtuah