Kompetisi IBL 2021 Akan Jalankan Protokol Kesehatan dengan Ketat


Jan 05, 2021

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah , meyakinkan bahwa Kompetisi IBL 2021 dengan sistem gelembung di Mahaka Square Arena Kelapa Gading Jakarta Utara, mulai 15 Januari 2021 nanti akan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

"Seluruh anggota tim, panitia dan staf IBL harus melakukan PCR sebelum kompetisi dimulai," kata Junas. Sebelum memasuki Hotel Santika Kelapa Gading yang lokasinya menyatu dengan arena, semua tim pun akan kembali menjalani tes usap.

Siapa pun peserta gelembung harus menjalani tes tersebut. Jika ada ya g terindikasi positif, mereka akan diisolasi terpisah dari anggota tim lainnya.

Akan dibagi dua zona dalam kompetisi sistem gelembung.  "Zona satu untuk mereka yang terlibat langsung dalam kompetisi di lapangan seperti pemain, ofisial dan petugas lapangan. Sementara zona dua diperuntukkan bagi mereka yang harus bertugas dengan mobilitas, seperti wartawan," tuturnya. 

Untuk peliputan wartawan dilakukan di ruang press yan terpisah dari lapangan. "Jumlahnya pun dibatasi hanya lima wartawan di ruangan pers dalam satu pertandingan, serta lima fotografer dan camera person di tribun untuk fotografer dan campers," sambungnya. Sebelumnya, para wartawan harus membawa surat bebas Covid-19, dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh di lokasi.

Wawancara setelah pertandingan pun akan diselenggarakan secara virtual. "Intinya tak ada kontak antara zona satu dan zona dua," jelasnya.

Jika ada peserta yang terpaksa harus keluar dari gelembung, saat kembali mereka harus menjalani tes usap ulang.