Kehilangan Brandon dan Lester Berdampak Besar untuk Timnas


Feb 21, 2020

Pelatih tim nasional basket Indonesia, Rajko Toroman, mengakui kekuatan tim Garuda tak maksimal tanpa Brandon Jawato dan Lester Prosper. Rajko menyebut, seluruh permain berlatih dengan sistem yang terbangun bersama dua pemain tersebut.

Lester dan Brandon tak bisa bermIn karena proses naturalisasi yang belum rampung. Situasi tersebut membuat tim Garuda harus bermain dengan skuat lokal pada windows pertama Kualifikasi FIBA Asia 2021 kontra Korea Selatan dan Filipina.

“Kami bermain tanpa Lester dan Brandon. Padalah dalam 1,5 bulan terakhir, kami selalu bermain bersama mereka, dan keduanya sangat membantu tim,” ujar Toroman.

Kepastian tentang Lester dan Brandon didapat Toroman secara mendadak. Pelatih asal Serbia itu tidak bisa berbuat banyak.

“Dua hari menjelang pertandingan, kami baru tahu tidak bisa memakai Lester dan Brandon. Hal itu sangat menyakiti kami,” ujar Toroman.

Di pertandingan pertama kontra Korea Selatan, tim nasional basket Indonesia menelan kekalahan 76-109. Selanjutnya, tim Garuda akan berhadapan dengan Filipina, Minggu (23/2).