Karamoko Cisse Bakal Jalani Debut Profesional di IBL


Nov 23, 2021

Evos Thunder Basketball Bogor mengambil dua pemain asing dengan posisi yang sama, yaitu bigman. Selain Jaywuan Hill mereka merekrut Karamoko Cisse dari IBL Draft 2021 Foreign Players. Bedanya, kalau Hill sudah berpengalaman di liga profesional, Moko (sapaan akrabnya) justru baru bermain profesional di IBL mendatang. 

Setelah tidak terpilih dalam NBA Draft 2019, pemain kelahiran Denver, Colorado ini seharusnya melanjutkan karir profesionalnya. Sayangnya dunia dilanda pandemi Covid-19, yang membuat Moko harus menunda petualangannya di liga profesional Amerika, atau di internasional seperti pemain-pemain lainnya. 

Moko sendiri dikenal sebagai pemain Rider University di NCAA Division 1 MAAC Conference. Dia bermain dua musim yakni 2017-18 dan 2018-19. Catatannya memang tidak terlalu mencolok. Pada 2017-18 saja dia membukukan rata-rata 2,2 PPG dalam 31 game. Kemudian mencetak 1,4 PPG dalam 17 game di musim 2018-19. 

Tetapi Moko pernah mendapatkan pujian dari Kevin Baggett, sebagai pelatih Rider University sebagai pemain yang mampu bertahan dengan baik. Kemampuan bertahan dan naluri berebut rebound, tidak perlu diragukan lagi. Mungkin faktor inilah yang membuat Evos Thunder yakin untuk memasukkan Moko dalam roster mereka di musim 2022 nanti. 

Jadi kalau dilihat dari pilihan dua pemain asing yang dimiliki Evos Thunder, tampaknya Andre Yuwadi punya dua pilihan yang bagus. Kalau timnya ingin menyerang, maka Jaywuan Hill bisa diandalkan. Tapi ketika mereka fokus bertahan, maka Moko jadi pilihannya. Rasanya sudah tak sabar untuk menyaksikan keduanya beraksi di lapangan. (*)