News Event

Jerry Lolowang Akui Sulitnya Menghapus Stigma Tim Kampus

29 July 2023
|

Satya Wacana Salatiga patut diacungi jempol, karena mereka tetap konsisten mengikuti liga profesional Indonesia dengan segala dinamikanya. Namun yang sulit dilakukan dari tim Satya Wacana adalah mengubah stigma masyarakat basket, bahwa mereka bukan tim kampus. Karena Satya Wacana dan tim bola basket kampus merupakan dua hal yang berbeda. 

Pernyataan ini dikemukakan oleh Jerry Lolowan sebagai head coach Satya Wacana, setelah menutup musim IBL Tokopedia 2023. Jerry mengakui bahwa sulit untuk menjaga soliditas pemain, di tengah terpaan isu yang selalu muncul di akhir musim. Bahwa Satya Wacana akan kehilangan pemain, setelah mereka lulus kuliah di UKSW. Tetapi hal ini dibantah dengan pernyataan tegas dari Jerry.

"Kami, tim dan manajemen Satya Wacana sedang mencari cara untuk mempertahankan tim ini. Bagaimana membuat tim ini lebih tebal secara roster dari musim lalu. Sedang kami pikirkan dengan manajemen. Tapi yang harus digaris bawahi bahwa kuliah dan kontrak pemain Satya Wacana itu dua hal yang berbeda," tegasnya. 

Menurut Jerry, kuliah hanya bonus bagi pemain Satya Wacana. Pemain punya hak untuk memutuskan apakah mereka akan mengambil bonus tersebut atau tidak. Tetapi Jerry juga mengakui kalau tim ini memang punya latar belakang tim kampus. Sehingga sulit untuk menghapus stigma tersebut, apalagi di akhir musim. Ditambah lagi dengan performa Satya Wacana yang tidak kunjung membaik. Sehingga membuat para pemain pergi ke tim lain.

Sekadar mengingatkan, bahwa Satya Wacana lolos ke playoffs terakhir pada IBL 2016. Kala itu, tim Satya Wacana masih diperkuat pemain-pemain seperti Respati Ragil Pamungkas, Firman Dwi Nugroho, Andre Adrianno. Mereka juga masih dipimpin oleh head coach Efri Meldi. Tetapi setelah itu, di era pemain asing, Satya Wacana belum pernah lolos ke playoffs. 

"Sebenarnya ada komitmen yang sangat besar dari para pemain, dan juga manajemen. Ke depan kami akan berusaha mempertahankan apa yang sudah kami capai di musim 2023, dan akan meningkatkan kualitas tim agar lebih kompetitif. Sehingga kami bisa mengatakan bahwa kami belum selesai. Meski musim ini sudah selesai," ungkap Jerry. 

Jerry tahu bahwa tidak mudah bagi pemainnya untuk memotivasi diri mereka sendiri di tengah rentetan kekalahan. Karena Satya Wacana mengalami 26 kekalahan dalam 30 pertandingan reguler season 2023. Sehingga Jerry sangat mengapresiasi pemainnya yang bisa bangkit dari kekalahan dan bersiap menyambut pertadingan berikutnya dengan penuh semangat. (*)

Baca Juga: Berkat IBL Indonesia Cup, Satya Wacana Percepat Terbentuknya Chemistry Pemain

0 Comments