Indonesia Kunci Medali Setelah Tundukkan Vietnam


May 21, 2022

Penampilan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2022 luar biasa. Mereka berhasil memetik kemenangan kelima setelah menundukkan tuan rumah Vietnam dengan skor meyakinkan, 94-67, pada Sabtu malam (21/5). Dengan hasil ini, maka Indonesia sudah berhasil mengunci medali. Namun Indonesia harus sapu bersih di laga terakhir untuk memastikan medali emas dan mencetak sejarah baru. 

Jalannya pertandingan hari ini juga cukup menarik, khususnya bagi Indonesia. Karena mereka sudah unggul 30-15 di kuarter pertama. Starter yang diturunkan head coach Milos Pejic sangat efektif. Lima pemain pertama tersebut adalah Juan Laurent Kokodiputra, Derrick Michael Xzavierro, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, dan Andakara Prastawa Dhyaksa.

Setelah dibuka dengan three point dari Prastawa, poin Indonesia mengalir deras di kuarter pertama. Indonesia sendiri sempat memimpin 18 angka (30-12) dengan dua kali three point beruntun dari Derrick dan Yudha Saputera. Sementara Vietnam memasukkan satu three point di sisa tujuh detik melalui Anh Christian. 

Kejutan terjadi di kuarter pertama. Karena Marques Bolden dimainkan pada sisa satu setengah menit. Kehadirannya menjawab pertanyaan yang selama ini beredar di masyarakat tentang kondisi pemain tersebut. Di kuarter pertama, Bolden tidak mencetak angka. Namun pada awal kuarter kedua, dia memasukkan dua kali slam dunk yang membuat Indonesia unggul 20 angka (37-17). Saat turun minum, Indonesia memimpin 55-38. 

Memasuki kuarter ketiga, Indonesia menampilkan pertahanan yang bagus. Mereka menahan Vietnam hanya mencetak 13 angka saja. Dengan keunggulan 79-51, Indonesia semakin yakin bisa memenangkan laga ini. Sementara di kuarter keempat, meski Vietnam lebih baik, Indonesia tetap mengunci kemenangan. 

Derrick Michael tampil sebagai pemain terbaik bagi Indonesia dengan mencetak 22 angka dan 15 rebound. Juan Laurent menyusul dengan 13 angka, Brandon Jawato 12 angka, Abraham Damar menyumbang 10 angka. Dari bench, Arki Dikania Wisnu mencetak 11 angka. Sementara dari tim Vietnam Nguyen Huynh Phu mencetak 13 angka. 

Penentuan medali emas akan dilaksanakan pada besok, Minggu, 22 Mei 2022. Pada laga ini, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina. (*)