News Tim Nasional

Indonesia Gagal Membendung Australia

26 February 2024
|

Tim Nasional Basket Putra Indonesia gagal total di Window 1 FIBA Asia Cup 2025 Qualifiers. Mereka sama sekali tidak mendapatkan hasil positif, menyusul kekalahan atas Australia, 51-106, di Indonesia Arena, Minggu malam (25/2). Indonesia sekarang berada di dasar klasemen Grup A. 

Perlawanan timnas Indonesia ditunjukkan hanya di babak pertama saja. Itu pun, mereka tertinggal 12-22 di kuarter pertama, lalu mengejar di kuarter kedua. Saat turun minum, Australia unggul 16 angka (49-33). Kekalahan telak Indonesia sudah terlihat di kuarter ketiga di mana Lester Prosper dan kawan-kawan hanya memasukkan dua angka saja di kuarter ini. 

Di kuarter ketiga, Indonesia hanya memasukkan satu tembakan dari 14 attempt. Itu sudah termasuk tujuh tembakan three point yang dilepaskan, dan tidak satu pun yang menemui sasaran. Hal itu diikuti pertahanan yang rapuh, di mana Australia dengan leluasa meraih 14 rebound selama kuarter ketiga. 

Kuarter keempat, Indonesia tidak bisa mengejar ketertinggalan. Bahkan Australia semakin nyaman dengan keunggulan lebih dari 50 poin. Dari timnas Indonesia hanya empat pemain yang bisa mencetak angka. Mereka adalah Lester Prosper (26 poin), M. Reza Fahdani Guntara (sembilan poin), Agassi Yeshe Goantara (enam poin), dan Hendrick Xavi Yoga (dua poin). 

Sebaliknya dari tim Australia, lima pemain selesai dengan double-digit points, dipimpin oleh Isaac Humphries. Pemain dari tim Adelaide 36ers tersebut membukukan 18 poin. Namun di laga ini, semua pemain tim Australia mencetak poin, ketika diturunkan ke lapangan. Bahkan Kye Savage, pemain berusia 18 tahun, yang diturunkan kurang dari empat menit, bisa mencetak lima angka. 

FIBA Asia Cup 2025 Qualifiers akan dilanjutkan lagi pada bulan November 2024. Pada Window 2 nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Korea Selatan dan Thailand. (*) 

Baca Juga: Kalahkan Lebanon, Australia Pertahankan Gelar Juara FIBA Asia Cup

0 Comments