IBL Talks Kaleb Ramot Gemilang: Memulai Lagi dari Awal di Indonesia Patriots


Jul 05, 2020

 

Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax 2020 terasa berbeda bagi Kaleb Ramot Gemilang. Musim ini, Kaleb tak lagi membela Stapac Jakarta, tetapi tim nasional yang memakai nama Indonesia Patriots.

Stapac Jakarta musim ini juga tidak berpatisipasi di IBL.Situasi itu membuat Kaleb bisa lebih fokus mengembangkan diri di Indonesia Patriots.

Bermain membela tim nasional tentu impian bagi semua pebasket Indonesia. Kesulitan juga tak berhenti saat seleksi selesai, sesi latihan Indonesia Patriots di bawah asuhan Rajko Toroman tak mudah dilakukan.

Bagi Kaleb, latihan bersama Indonesia Patriots seperti memulai kembali dari awal. Soal gaya latihan pelatih Eropa, Kaleb sebetulnya sudah terbiasa saat diasuh Giedrius Zibenas di Stapac Jakarta. Namun, Rajko memiliki cara berbeda saat melatih.

“Di Timnas lebih intense, coach Rajko membawa budaya yang berbeda dengan coach Giedrius,” ujar Kaleb saat sesi live Instagram bersama IBL.

Di setiap sesi latihan Rajko fokus dalam pembenahan teknik dasar para pemainnya. Kaleb mengakui, ada rasa bosan saat mengikuti pola latihan pelatih asal Serbia itu.

“Setiap hari itu fundamental. Terkadang memang itu membosankan, tetapi coach Rajko ingin para pemainnya baik dahulu secara dasar,” tutur Kaleb.

Berbeda dengan di klub, latihan di Indonesia Patriots tidak menekankan ke latih tanding. Berdasarkan penuturan Kaleb, jarang ada sparing antar pemain di setiap sesi latihan.

“Hampir tidak pernah ada game lima lawan lima,” ujar Kaleb.