Helmy Yahya: Basket Indonesia Harus Kembali ke Masa Keemasan


Jan 06, 2022

Presenter kenamaan, Helmy Yahya, memberi pandangan terkait basket Indonesia saat ini. Pria yang juga komentator basket di era Kobatama tersebut menilai IBL berada di jalan yang tepat.

Helmy mengakui, basket Indonesia sempat redup. Akan tetapi, cahaya mulai kembali muncul di beberapa tahun ke belakang.

Pamor IBL bahkan kini semakin menanjak setelah selebritas Indonesia seperti Raffi Ahmad (RANS PIK Basketball), Gading Marten (West Bandits Combiphar Solo), Baim Wong (Satria Muda Pertamina Jakarta), dan Jovial da Lopez (Bumi Borneo Basketball) ikut terjun.

“Kehadiran mereka ini jadi pemantik. Dengan adanya mereka, maka media juga turut aktif memberitakan basket Indonesia dan itu bagus,” ujar Helmy pada workshop bersama media di CGV FX, Jakarta, Kamis (6/1).

Belajar dari era keemasan basket Indonesia pada Kobatama, saat itu media sangat berperan aktif dalam memopulerkan olahraga tersebut. Simbiosis antara IBL dan media yang baik tentunya bisa semakin meningkatkan pamor basket.

“Saya percaya bahwa dengan bantuan media, basket Indonesia akan kembali populer. Maka dari itu, pemberitaan akan basket harus lebih digencarkan lagi,” ujar Helmy.

“Semua pihak harus saling membantu untuk bisa mengembalikan masa emas basket di tanah air. Lalu, news getternya di basket juga banyak, selebriti seperti Raffi Ahmad, Baim Wong, dan Gading Martin sudah mulai ambil bagian, jadi seharusnya lebih mudah tugas ini," ujar Helmy.