Head to head: Andakara Prastawa Dhyaksa VS Abraham Damar Grahita


Nov 12, 2022

Pertandingan pertama di babak semifinal IBL Indonesia Cup 2022, Sabtu (12/11), mempertemukan Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Prawira Harum Bandung. Bisa dibilang, pertandingan ini merupakan pertemuan para pemain timnas Indonesia, yang sedang membela klubnya masing-masing. Salah satunya adalah Andakara Prastawa Dhyaksa melawan Abraham Damar Grahita. 

Kedua pemain sempat bermain bersama di tim Stapac Jakarta. Tetapi keduanya berpisah di awal musim 2018-19. Saat itu Prastawa pindah ke Pelita Jaya. Sementara, Abraham bertahan di Stapac, namun akhirnya pindah ke Prawira di musim 2020. Kini keduanya menjadi kapten di tim masing-masing. 

Berbicara soal tanggung jawab, tentunya tidak diragukan lagi. Baik Prastawa dan Abraham sama-sama memiliki tanggung jawab besar dalam performa timnya di lapangan. Prastawa selalu ada dalam daftar teratas pencetak poin terbanyak di pertandingan. Begitu juga dengan Abraham di tim Prawira. 

Seperti pada pertandingan quarter final. Prastawa mencetak 19 poin, 6 rebound, 2 asis, dan 3 steal saat Pelita Jaya menang 81-79 atas West Bandits Combiphar Solo lewat overtime. Dia sempat melepaskan 13 percobaan tembakan tiga angka yang menjadi andalannya. Dari jumlah tersebut, ada empat three point yang tepat sasaran. Sebaliknya, Abraham menyumbang 17 poin dalam kemenangan Prawira atas Bima Perkasa dengan skor akhir 65-55. Abraham mencatatkan field goals precentage sebesar 38% dengan 7 tembakan masuk dari 18 attempt. 

Kini di babak semifinal, keduanya akan saling berhadapan. Siapakah kapten tim yang berhasil membawa timnya menang? Apakah Prastawa di Pelita Jaya, atau Abraham dengan Prawira. Saksikan pertandingan ini pada hari Sabtu, 12 November 2022, di Sritex Arena Solo. Tip-off dimulai pada pukul 11.30 WIB. (*)