News Event

Fakta-fakta Pelita Jaya Bakrie Jakarta

19 July 2023
|

IBL Finals 2023 akan mempertemukan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Prawira Harum Bandung. Maka siapa pun juaranya, IBL akan memiliki juara baru untuk pertama kalinya sejak 2018. Meski begitu, Pelita Jaya yang sudah berkali-kali masuk final, kini punya kesempatan untuk menambah koleksi trofi mereka, yang terakhir didapatkan pada tahun 2017. 

Sepanjang perjalanan IBL sejak 2016, ada empat tim yang pernah juara. Mereka adalah CLS Knights, Pelita Jaya, Satria Muda, dan Stapac. Pelita Jaya menjadi juara di tahun 2017. Namun kalau ditarik mundur lagi, mereka sudah lima kali masuk Final IBL sejak 2003, dan baru sekali juara di tahun 2017. 

Selain gelar liga, Pelita Jaya pernah menjadi juara turnamen tiga kali. Yakni di Indonesia Cup Solo tahun 2022, serta turnamen pre-season di tahun 2013 dan 2016. Pelita Jaya memang selalu menjadi favorit juara setiap musim. Dan, tampil dalam tiga kali final liga berturut-turut termasuk di tahun 2023. Tetapi dalam dua edisi sebelumnya, Pelita Jaya selalu kalah dari Satria Muda. Sehingga mereka punya kesempatan untuk menjadi juara tahun ini. 

Dari komposisi tim, Pelita Jaya tidak banyak berubah dari tahun lalu. Sehingga sebagian besar pemain sudah pernah merasakan kerasnya laga final, kecuali Aldy Izzatur Rachman, yang notabene sebagai rookie di Pelita Jaya. Sementara perbedaan lainnya ada di sisi pelatih. Karena faktanya, Djordje Jovicic adalah pelatih tahun pertama Pelita Jaya yang sukses membawa mereka sampai ke final. 

Fakta menariknya lainnya adalah Pelita Jaya berhasil masuk final liga tiga musim dengan tiga pelatih berbeda. Pada musim 2021 mereka masih diasuh oleh head coach Octaviarro Romely Tamtelahitu, kemudian di tahun 2022 berganti menjadi head coach Fictor Gideon Roring. Lalu sekarang ada Djordje Jovicic dari Serbia. Semuanya sukses membawa Pelita Jaya ke final. 

Pelita Jaya yang berada di bawah Prawira dalam klasemen akhir, menjadi tuan rumah di laga pertama IBL Finals 2023, dalam seri best-of-three. Pertandingan pertama akan diselenggarakan di Hall A Senayan, Jakarta. (*)

Baca Juga: Fakta -fakta yang Bakal Membuat IBL Musim 2023 Lebih Istimewa

0 Comments