News Event

Fakta Di Balik Kemenangan Perdana Satya Wacana Atas Satria Muda

20 April 2024
|

Sejarah baru untuk liga profesional Indonesia tercipta di pekan kesembilan regular season IBL Tokopedia 2024. Di mana Satya Wacana Salatiga untuk pertama kalinya, sepanjang perjalanan mereka di liga profesional, mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta. Skuad asuhan head coach Jerry Lolowang menumbangkan Satria Muda dengan skor 84-68, di Pertamina Arena, Simprug, Jakarta, pada Sabtu malam (20/4). 

Sebuah permainan yang epik, ditunjukkan Satya Wacana sepanjang laga. Mereka membuat tim sekelas Satria Muda lumpuh, dan tak berdaya sejak tip-off hingga buzzer berbunyi. Beberapa fakta menarik di laga ini bisa menggambarkan betapa tim Satya Wacana memiliki potensi yang besar untuk bisa bersaing di liga musim ini. 

Mungkin sudah tidak terhitung berapa kali kedua tim bertemu di pertandingan resmi. Namun sejak IBL 2016, Satya Wacana dan Satria Muda sudah bertanding sebanyak 15 kali. Dari jumlah tersebut, Satya Wacana hanya mampu memenangkan satu pertandingan (1-14). Dan, kemenangan itu terjadi di pekan kesembilan IBL Tokopedia 2024. 

Fakta berikutnya, Satya Wacana adalah tim yang mampu menahan Satria Muda hanya mencetak sembilan poin dalam satu kuarter di musim 2024, atau hingga pekan kedelapan. Namun dalam catatan IBL, pada musim lalu, tepatnya di tanggal  21 Januari 2023, Satya Wacana pernah membuat Satria Muda hanya mencetak empat poin dalam satu kuarter, di kuarter ketiga. Ini juga merupakan poin terendah Satria Muda dalam satu kuarter melawan Satya Wacana dalam dua musim terakhir. 

Dari segi statistik pertandingan, Satya Wacana mampu menurunkan akurasi tembakan Satria Muda. Sepanjang laga, Satria Muda hanya mencetak 23 tembakan dari 70 percobaan. Di kuarter pertama, Satria Muda hanya memasukkan dua tembakan dari 12 attempt. Sementara itu, untuk penguasaan paint area, Satya Wacana unggul dengan mencetak 42 point in the paint, 20 second chance point, serta unggul rebound dengan perbandingan 51-46. Satya Wacana juga sukses memaksa Satria Muda melakukan 14 turnovers sepanjang laga. 

Satya Wacana juga berhasil menciptakan keunggulan 29 poin dari Satria Muda pada laga ini. Satya Wacana sebelum pertandingan ini merupakan tim yang berada di dua peringkat terbawah di klasemen sementara. Namun mereka berhasil menumbangkan tim sekaliber Satria Muda, dengan margin yang meyakinkan, yaitu berjarak 16 poin (84-68). 

Sekadar mengingatkan bahwa Satya Wacana ini merupakan klub yang awalnya berupa Pusdiklat Basket dan bermain di kompetisi basket mahasiswa. Mereka memulai ini pada tahun 2007. Luthfianes Gunawan, Jerry Lolowang dan Valentino Wuwungan, merupakan generasi emas Sahabat FTI UKSW yang sempat menjuarai Kobatama di tahun 2009. 

Kisah berlanjut ketika Satya Wacana dan sebuah klub bernama Angsapura Sania bersepakat mengarungi kompetisi profesional (NBL Indonesia) pada musim 2010-11 memakai nama Satya Wacana Angsapura Salatiga. Inilah sedikit tentang cikal bakal perjalanan Satya Wacana, yang baru saja mencetak sejarah baru dengan mengalahkan Satria Muda untuk pertama kalinya. (*)

Baca Juga: Fakta -fakta yang Bakal Membuat IBL Musim 2023 Lebih Istimewa

0 Comments