News Games

David Singleton Tambah Kecakapan Pelatih Bima Perkasa Academy

21 February 2021
|

Pelatih Bima Perkasa, David Singleton, memberi mini workshop ke tujuh pelatih Bima Perkasa Academy di lapangan basket Planet Sabtu (20/2) petang. Ditemani Fika Nurazam Wirastuti selaku manajer Bima Perkasa Academy, David memfokuskan materi defense yang beririsan dengan banyak strategi basket modern pada pelatih Bima Perkasa Academy.

“Kegiatan sama coach Dave ini untuk upgrading kualitas pelatih. Supaya mereka punya pengalaman langsung dengan pelatih Bima Perkasa. Apalagi coach Dave pelatih yang mengutamakan defense. Banyak hal baru yang diberikan, termasuk pengalamannya melatih defense di banyak klub,” kata Fika usai mini workshop.

Materi yang diberikan antara lain pondasi dasar defense ketika menjaga pemain lawan dalam kondisi satu lawan satu, taktik bertahan dalam ragam game plan kekinian, dan ketangkasan membaca alur bola sekaligus gerak lawan. Misalnya saja bagaimana pola 1-3-1 full court defense seharusnya berjalan sekaligus cara mengatasinya.

“Defense harus efektif. Kita harus tahu kapan momen yang tepat untuk mengangkat tangan, screening, atau memancing lawan memberi umpan ke area yang kita inginkan,” seru David ke para pelatih.

Usai materi, pelatih yang menjadi aktor meningkatnya kualitas defense Indra Muhammad sehingga diganjar penghargaan pemain bertahan terbaik di liga itu membuka sesi diskusi dengan para pelatih.

Pertanyaan mengalir deras, di antaranya tentang pola pertahanan klub-klub basket di Amerika yang terus mengalami perubahan. David menjelaskan bahwa saat ini game plan di sana lebih banyak memanfaatkan ruang dan kecepatan meski kontak fisik antar-bigman masih kerap terjadi.

“Seperti yang kita tahu, basket berkembang begitu pula dengan game plan. Pelatih Bima Perkasa Academy harus adaptif agar update dalam memberi materi untuk para murid di sana (akademi) ,” tutup David.

Baca Juga: Performa David Singleton Bikin Bima Perkasa Kepincut

0 Comments