Daftar Pemain Asing: Center


Oct 09, 2022

Para tim memiliki opsi strategi yang lebih bervariasi jelang persaingan Kompetisi IBL 2023. Pemilihan pemain asing harus dilakukan dengan cermat oleh setiap klub sebelum mereka menjatuhkan pilihan pada IBL Draft Day, Selasa 11 Oktober. 

Sejumlah 248 pemain asing sudah masuk dalam daftar terdiri dari 145 pemain berposisi guard, 92 pemain adalah forward dan 18 lainnya berposisi center.

Setiap tim IBL boleh memilih dua pemain asing dengan akumulasi total gaji mereka maksimal 5.000 US dolar, naik dari musim sebelumnya yang total 4.000 dolar. Dalam pertandingan Kompetisi nanti hanya satu pemain asing yang bermain di lapangan. 

Satu pemain asing boleh bertinggi lebih dari 200 centi meter sementara satu lainnya berpostur di bawah 200 cm.

Beberapa nama sudah tak asing lagi dan pernah bermain di IBL seperti Gary Jacobs Jr, Laqavious Cotton, Akeem Scott , Shavar Newkirk, Brachon Griffin dan lain lain.

Nama-nama yang cukup menonjol lainnya diantaranya adalah Maxie Esho (MVP ABL), Lucas Nogueira (bermain di Toronto Raptors 2014-2018) dan Jamahl Smit (Pernah bermain bersama New York Knicks).

Sebagaimana aturan sebelumnya, setiap klub diberikan hak untuk dapat mempertahankan 1 pemain asing yang pernah digunakan untuk musim berikutnya 

Hal ini kembali diberlakukan setelah 2 tahun sebelumnya tidak dapat dilakukan karena musim 2021 sempat bergulir tanpa pemain asing

Selain itu klub-klub IBL juga akan menentukan pilihan rookie mereka pada hari yang sama.