Bima Perkasa Dapatkan Guard Combo Terbaik di NAIA


Nov 30, 2021

Lama sekali rasanya tidak mendengar istilah guard combo. Itu adalah istilah yang disematkan kepada pemain yang punya kemampuan beroperasi di posisi satu, dua, dan tiga dengan sama baiknya. Meski sudah jarang terdengar, namun di IBL musim 2022 nanti bakal ada pemain yang punya predikat tersebut. Dia adalah Troy Wayne Steward yang dipilih tim DNA Bima Perkasa Jogja di IBL Draft 2021 untuk pemain asing.

Sekedar mengingat sejarah bahwa pada tahun 2015, saat timnas Indonesia meraih medali perak pada SEA Games di Singapura, ada satu pemain yang disebut sebagai guard combo oleh head coach Fictor Gideon Roring. Pemain tersebut adalah Andrie Ekayana Satya Santosa. Meski usianya tidak muda lagi, namun Coach Ito tetap memberinya kepercayaan, karena kemampuan istimewa Yayan. 

Namun setelah Yayan pensiun dari basket profesional, sampai sekarang belum ada pemain yang muncul sebagai guard combo. Atau, bisa saja memang tidak muncul karena pengaruh perkembangan gaya permainan basket. Sehingga posisi ini tidak diperlukan lagi.

Meski begitu, masih ada yang bisa berperan sebagai guard combo dengan baik. Seperti Troy Steward. Michael Stinnett dari Free Agency Director of Scouting menyebut Steward sebagai pemain yang bisa memainkan peran di posisi satu, dua, dan tiga bila diperlukan. Dengan tinggi 1,93 cm, tentu tidak sulit bagi Steward melakukannya. Karena itu ditunjukkan dengan catatan-catatan statistik selama bermain di NAIA bersama Georgetown College. Dia selalu bisa mencetak double digit untuk rataan poin per game di sejak musim 2016 hingga 2019. 

Sementara di musim terakhirnya (2018-19), Steward tampil sebagai juara NAIA Division 1, dan terpilih sebagai All-Tournament Team. Dia mengoleksi 17,4 PPG, 3,9 RPG, dan 3,2 APG. Sedangkan karier profesionalnya dimulai di Waverley Falcons yang tampil di NBL Australia. 

Terakhir, Steward bermain di Georgia-Superleague bersama tim Mgzavrebi Armia Tbilisi (2020-21). Dia mencetak rataan statistik 14,3 PPG, 3,6 RPG, dan 2,6 APG. FG precentage Steward mencapai 54% dengan tembakan three point di kisaran 33,3%. Tentunya kehadiran Steward diharapkan bisa mendongkrak performa Bima Perkasa yang musim lalu bisa sampai di babak Playoffs. (*)