News Event

BCL Asia 2024: Pelita Jaya akan Terbang ke Dubai

03 May 2024
|

Kantor Regional FIBA - Asia telah sepakat dengan Shabab Al Ahli Dubai untuk menjadi tuan rumah kompetisi Liga Champions Bola Basket Asia (BCL Asia) 2024. Edisi perdana dari babak utama turnamen tersebut akan diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada tanggal 9-15 Juni 2024.

"Saya sangat gembira dan menantikan momen yang benar-benar bersejarah ini ketika edisi pertama BCL Asia dimulai di Dubai. Saya ingin berterima kasih kepada Asosiasi Bola Basket UEA dan Klub Shabab Al Ahli atas dukungan dan fasilitasi proses penyelenggaraan edisi perdananya. edisi di Dubai," kata Direktur Eksekutif FIBA - Asia, Mr. Hagop Khajirian. 

Ini merupakan ketiga kalinya Uni Emirat Arab menyelenggarakan kompetisi klub bergengsi Asia, yaitu sebelumnya disebut FIBA Asia Champions Cup, dan kedua kalinya di Dubai. Pertama kali (2001) kompetisi ini dimainkan di UEA, Al-Ittihad dari Arab Saudi memenangkan gelar. Acara tersebut kembali ke UEA tiga tahun kemudian pada tahun 2004, di mana Sagesse SC mengalahkan Al Wahda di Final di Sharjah.

Edisi perdana Basketball Champions League Asia akan menampilkan 8 klub juara dari 8 negara Asia. Dua dari delapan tim ini, Pelita Jaya Basketball (Indonesia) dan NS Matrix Deers (Malaysia), telah mengamankan tempat mereka melalui Kualifikasi BCL Asia yang baru saja berakhir di bulan April lalu. Dua tempat tambahan akan diamankan oleh finalis Final 8 Liga Super Asia Barat FIBA (WASL).

BCL Asia akan menjadi jalur bagi klub-klub Asia untuk bisa berlaga di FIBA Intercontinental Cup, yang merupakan kompetisi klub utama FIBA. Selamat berjuang di Dubai, Pelita Jaya! (*)

Baca Juga: Prawira dan Pelita Jaya Wakil Indonesia di BCL Asia 2024

0 Comments