Bali United Jadi Tim Luar Jakarta Pertama Bagi Dior Lowhorn


Oct 15, 2022

Selalu ada nama Dior Lowhorn dalam IBL Draft. Alasannya sudah jelas, yaitu konsistensi pemain yang berasal dari San Francisco, California, Amerika Serikat. Lowhorn tercatat sudah empat musim bermain di IBL. Tapi tidak pernah keluar dari ibukota. Kini dia diambil oleh Bali United Basketball Club, yang bakal jadi tim pertama Lowhorn di luar Jakarta. 

Lowhorn diambil sebagai pemain urutan kelima dalam IBL Draft 2022 untuk pemain asing. Bali United sepertinya tidak ingin mengambil kucing dalam karung. Karena kualitas permainan Lowhorn sudah terbukti di IBL. Karena dia sudah ada di liga basket profesional Indonesia sejak tahun 2017. 

Satria Muda menjadi tim pertama Lowhorn di IBL. Tepatnya di musim 2017-18. Kala itu, Lowhorn berhasil membawa SM juara liga. Dalam 22 game, sejak regular season hingga playoffs, dia mengoleksi rata-rata 22,5 ppg dan 11,8 rpg. Karena kesuksesan di musim debutnya, SM mempertahankan Lowhorn untuk musim berikutnya (2018-19). Tapi kali ini SM kalah di final atas Stapac Jakarta. Meski begitu Lowhorn masih bisa mengoleksi 24,1 ppg dan 11,7 rpg. 

Rivalitas SM dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta memang menarik. Ketika Lowhorn sukses dalam dua musim bersama SM, PJ kemudian mengambilnya dari IBL Draft 2019. Jadi dia bermain untuk PJ di musim 2020. Dalam 13 pertandingan, Lowhorn mampu mengoleksi 26,2 ppg dan 12,5 rpg. PJ sebenarnya punya momentum untuk juara, namun liga putus di tengah jalan karena pandemi. 

Selama IBL tidak memakai jasa pemain asing, Lowhorn bermain di liga Mexico bersama tim Plateros dan Abejas. Lalu saat IBL kembali memasukkan pemain asing di musim 2022, Lowhorn kembali diambil oleh PJ. Musim lalu, Lowhorn bermain 20 game di regular season dengan kontribusi 18,1 ppg dan 9,3 rpg. Kemudian di Playoffs, dia mencetak 17,3 ppg dan 10,3 rpg dalam 7 game. Meski kehadiran Lowhorn sangat berarti bagi tim PJ, mereka gagal juara setelah kalah dari SM di final. 

Kini giliran Bali United yang menggunakan jasa pemain berusia 35 tahun tersebut. Bali United juga mengganti head coach dari Alexandar Stefanoski ke Anthony Garbelotto. Diharapkan dengan kehadiran Lowhorn, mereka bisa masuk Playoffs musim depan. (*)