News Event

Aturan Rookie di IBL 2024

28 December 2023
|

Pemain debutan atau rookie biasanya juga tak luput dari sorotan fans setiap awal musim. Pasalnya mereka biasanya sudah punya nama di liga amatir atau level kampus. Sehingga kiprahnya di profesional selalu menjadi perhatian menarik bagi fans. Pada IBL 2024 mekanisme pengambilan rookie akan berbeda dari musim-musim sebelumnya. 

Persyaratan wajib untuk menjadi rookie di IBL 2024 adalah berusia minimal 19 tahun. Atau, pemain dapat berusia di bawah 19 tahun dengan aturan minimal menit bermain dan jumlah pertandingan pada satu musim kompetisi. Namun yang patut digaris bawahi oleh fans adalah pemain berasal dari klub binaan yang dimiliki oleh kontestan liga.

Klub binaan ini adalah klub amatir yang menjadi wadah pembinaan untuk pemain debutan, yang bisa saja milik tim IBL, atau mereka bekerjasama dengan klub amatir di kotanya. Untuk pendaftarannya sendiri, IBL akan memberikan jatah maksimal lima pemain setiap klub. 

Dengan adanya aturan baru ini, diharapkan agar klub juga memikirkan keberlangsungan roster mereka di masa yang akan datang. Mereka juga harus berpikir tentang pemain-pemain yang akan mereka orbitkan sebagai pemain profesional. Dan, tidak lupa IBL juga mendorong agar klub-klub tersebut bisa mengambil putra-putra daerah. 

IBL 2024 punya tujuan besar yakni menambah potensi pool pemain, meningkatkan daya saing antar klub, dan daya tarik semua pertandingan klub tuan rumah di setiap kotanya. IBL 2024 akan dimulai pada 13 Januari mendatang. (*)

Baca Juga: Delapan Mantan Pemain NBA di IBL 2024

0 Comments