Arti pahlawan menurut Cassiopeia Manuputty


Aug 15, 2019

Mendekati hari kemerdekaan Indonesia, tentunya akan membuat kita mengingat dan mengenang para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Berbicara mengenai pahlawan, Cassiopeia Thomas Manuputty yang akrab disapa Cio, memiliki pahlawannnya sendiri yang sangat mempengaruhi hidup dan karirnya di basket.

“Buat saya, pahlawan itu orang yg berani dan juga berjasa dalam hidup ,” terang Cio, guard dari Satya Wacana Salatiga. Bagi Cio, kakaknya lah pahlawannya. Andromeda Manuputty, yang lebih sering di sapa Coach Andro mengajarkan Cio banyak hal, bukan hanya basket tetapi juga mengenai hidup.

“Dia yang mengajarkan banyak hal penting dalam hidup saya melalui basket. So, basket is not just a sport, it’s also a way to learn life,” kata Cio. Bahkan sampai sekarang, keduanya masih akrab dan Coach Andro terkadang masih memberikan nasehat dan wejangan mengenai karir basket Cio di dunia profesional.

Banyak hal yang diajarkan kakaknya kepada Cio dan salah satu hal yang paling diingatnya adalah untuk tidak menyepelekan hal sekecil apapun karena hal besar itu hanyalah kumpulan dari hal-hal kecil. “Kalau di basket kan, nggak boleh meleng sedikitpun tuh, sama kaya dalam hidup kan, walaupun kecil tapi itu impact-nya bisa besar klo diremehkan.”

“Yang saya inget lagi adalah jangan pernah nyalahin teammates, tapi support dia. Dan itu berlaku juga untuk hidup,” tutup Cio.