Amartha Hangtuah Siapkan Strategi Memilih Draft Pick


Nov 08, 2019

Klub Amartha Hangtuah kini sibuk memilih dan memilah pemain asing untuk direkrut dalam IBL Draft Day 12 November nanti. “Kami kini sibuk melihat dan memilih-milih pemain untuk kami ambil dalam draft day. Banyak pemain yang harus dilihat,” kata Direktur Operasional Bolabasket Amartha Hangtuah, Ferri Jufry.

Ferri dan staf kepelatihan Hangtuah tak mau terpaku pada highlight-highligt aksi pemain asing tersebut. “Kalau cuma highlight, pasti mereka tampilkan aksi-aksi terbaik. Kami juga melihat statistic dan menit bermain mereka masing-masing,” katanya.

Ferri harus menyiapkan strategi dalam memilih. “Kami akan siapkan paling tidak sepuluh nama, untuk kemudian kita pilih tiga di Draft Day. Itupun juga tergantung bagaimana mekanisme pemilihan diiputuskan oleh IBL,” ujarnya.

Jika nanti pemilihan hanya berlangsung satu putaran, dengan tiap klub memilih tiga pemain asing langsung, strategi akan lebih mudah. “Saya belum tahu apakah pemilihan draft berlangsung dalam satu, dua atau tiga putaran. Kali ini jadi lebih menarik, sebab setiap tim memilih tiga pemain asing,” paparnya.

Soal kebutuhan tim, Ferri tak menampik jika Hangtuah membutuhkan big man. “Tim kami kekurangan big man saat ini. Hanya belum kami putuskan akan memilih dua atau tiga big man nantinya,” tukasnya.

Soal memilih big man juga tidak gampang. “Kami juga harus memilih, big man yang kuat di dalam dan juga memiliki tembakan tiga angka bagus atau ada opsi-opsi teknis lainnya,” katanya.

Selain itu, timnya juga akan melihat kesiapan pemain lokal untuk mendukung pemilihan pemain asing tersebut. “Dukungan dan kemampuan pemain lokal dalam satu posisi juga menjadi pertimbangan kami dalam memilih pemain asing nantinya,” katanya.

Yang pasti, strategi memilih pemain asing nanti akan menarik dicermati.