News Event

Akhir Perjalanan "Sang Kapten" Fadlan Minallah

17 October 2023
|

Setelah melewati perjalanan yang berliku di liga bola basket Indonesia, akhirnya Fadlan Minallah memutuskan untuk gantung sepatu. Dalam perjalanannya, Fadlan merupakan pemain yang berdedikasi tinggi, disiplin, dan tentunya mampu menjaga fisiknya. Oleh karena itu, dia baru pensiun setelah berusia 41 tahun. 

Perjalanan karier Fadlan dimulai pada tahun 2002, di mana tim pertamanya sebagai pemain profesional adalah CLS. Dia bermain untuk klub asal Surabaya tersebut sejak 2002 hingga 2008. Setelah itu, Fadlan bergabung dengan tim Citra Satria. Fadlan sempat bermain satu tim dengan pemain-pemain legendaris seperti Ary Sapto dan Vinton Nolland Surawi. Fadlan bermain di tim tersebut hingga tahun 2010. 

Perjalanan selanjutnya membawa Fadlan ke Kota Kembang. Dia pindah ke Garuda Bandung dari Citra Satria Jakarta pada NBL Indonesia 2011-2012. Fadlan pun berperan sebagai kapten tim Garuda di NBL Indonesia 2014-2015. Kemudian, ia pindah ke Hangtuah Sumsel saat IBL 2016 bergulir. Dia bermain untuk Hangtuah selama dua musim kompetisi (2016-2017). 

Pada IBL 2017-18, Fadlan memulai musim baru dengan seragam baru. Kali ini dia kembali ke Kota Bandung untuk bermain bersama tim Siliwangi. Pemain kelahiran 1 Agustus 1982 tersebut cukup lama membela Siliwangi, hingga akhirnya Fadlan menemukan jalan untuk bergabung dengan Satria Muda Pertamina Jakarta. 

Sekadar informasi bahwa selama perjalanan kariernya, Fadlan belum pernah menjadi juara liga. Sehingga kesempatan bermain bersama Satria Muda benar-benar membuka peluangnya merasakan manisnya gelar juara. Dia pun akhirnya merasakan gelar juara pramusim, atau Piala Presiden di Sritex Arena Solo, pada tahun 2019. Namun sayangnya, IBL 2020 di mana Fadlan bermain untuk Satria Muda dihentikan karena pandemi covid-19. 

Mengawali musim IBL 2021, Fadlan terlihat berganti seragam. Kali ini dia kembali membela tim asal Solo. Bedanya, ini merupakan tim baru yang diberi nama West Bandits. Keberadaan Fadlan di West Bandits sangat penting guna sebagai mentor bagi para pemain muda di tim baru tersebut. West Bandits lolos playoffs dalam dua musim, di mana Fadlan bermain. 

Setelah West Bandits, karier Fadlan ditutup dengan membela RANS PIK Basketball di musim 2023. Kali ini benar-benar menjadi penutup karier yang sempurna, sebelum pensiun. Fadlan bermain di 19 musim kompetisi, atau selama 20 tahun.

Selamat menikmati masa pensiun Kapten!

Baca Juga: Perkuat Pertahanan, RANS PIK Datangkan Fadlan Minallah

0 Comments