Adu Cerdik Antara Arif Hidayat dan Widyanta Putra Teja


May 21, 2021

Point guard yang cerdas, cepat, dan mampu membaca situasi dengan baik, sangat berpengaruh di tim. Contohnya dua point guard andalan dari tim Prawira Bandung dan West Bandits Solo ini. Kemampuan mereka mengatur serangan tim tidak diragukan lagi. Lantas, bagaimana ketika keduanya bertemu di babak Playoffs. 

Prawira punya Arif Hidayat. Point guard 29 tahun yang sudah berpengalaman liga tanah air dan Asia Tenggara. Sejak diboyong Prawira dari CLS Knights, Arif selalu ada dalam daftar pemain inti. Meski kadang dia harus berbagi peran dengan Januar Kuntara. Itu semua hanya keputusan pelatih saja. 

Kalau dilihat dari catatan statistik Arif musim ini memang meningkat. Dari musim lalu dengan 5,4 PPG menjadi 9,0 PPG musini. Menit bermainnya juga meningkat. Tetapi Arif sekarang bisa menjadi pengirim assist terbanyak di timnya dengan total 56 assist dalam 16 pertandingan. Mungkin perannya sekarang digeser ke fasilitator karena sudah punya Abraham Damar Grahita sebagai eksekutor. 

Beralih ke kubu West Bandits. Di sana ada Widyanta Putra Teja. Kalau soal assist jangan tanya lagi. Widy bisa mengirim 90 assist dalam 16 pertandingan musim reguler, lengkap dengan 27 steal. Kalau dirata-rata, Widy bisa mengoleksi 11,6 PPG, 5,2 RPG, serta 5,6 APG. Widy adalah top assist IBL Pertamax 2021. 

Kalau mereka bertemu di pertandingan, ternyata sangat menarik. Dalam dua pertandingan musim reguler, yang berakhir dengan head-to-head sama kuat, Arif tidak pernah mencetak poin di atas empat angka ketika bertemu West Bandits. Sebaliknya Widy selalu mencetak double digit poin ketika berhadapan dengan Prawira. 

Jangan lewatkan keseruan Playoffs IBL Pertamax 2021 mulai 23 Mei nanti. Salah satu suguhan pertama adalah perebutan tiket semifinal oleh Prawira Bandung dan West Bandits Solo. Mereka akan adu kuat untuk bisa menembus babak semifinal untuk berjumpa dengan Satria Muda Pertamina Jakarta. (*)