Yesaya Saudale Masih Punya Catatan Buruk


Apr 11, 2022

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam dua musim terakhir, Indonesia Patriots merupakan klub yang dibentuk untuk mewadahi para pemain calon timnas. Mereka bermain di IBL hanya untuk menambah jam terbang. Salah satu pemain yang menonjol di roster Patriots adalah Yesaya Saudale. 

Pemilik nama lengkap Yesaya Alessandro Michael Joseph Saudale tersebut sudah dua musim tampil di IBL bersama Patriots. Padahal secara status, dia sudah resmi menjadi milik klub Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Namun demi kepentingan timnas, akhirnya PJ memberinya izin untuk bergabung dengan Patriots. 

Secara permainan, tidak ada yang meragukan Yesaya. Dalam dua musim terakhir catatannya menunjukkan grafik yang bagus. Pada musim 2021, dia tampil 14 game dengan rata-rata  5,1 PPG, 4,1 RPG, 2,9 APG, dan 1,3 SPG. Sebagai point guard, saat itu dia fokus untuk mengalirkan bola seusai strategi yang diinginkan pelatih. 

Kemudian setelah berhasil menyabet medali emas PON Papua pada 2021 lalu, Yesaya bergabung dengan Pelita Jaya. Namun akhirnya PP Perbasi memintanya untuk ikut dalam program Timnas Elite Muda yang tampil di IBL Tokopedia 2022 dengan nama Indonesia Patriots. Meski tidak ikut sejak awal, namun Yesaya bisa menyelesaikan 11 game dengan baik. Dari jumlah pertandingan tersebut, Yesaya mencetak 12,0 PPG, 2,1 RPG, 7,2 APG, dan 1,9 SPG. 

Menit bermainnya meningkat dari 14,6 menit di musim 2021 menjadi 30,5 menit di musim 2022, atau di bawah kepemimpinan head coach Milos Pejic. Maka dengan catatan-catatan seperti itu, layak bagi Yesaya untuk masuk TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2022. Apalagi pelatih yang bakal menangani tim ini nantinya juga sama. 

Namun ada baiknya, ada pula catatan buruknya. Kemampuannya dalam membaca pergerakan lawan dan mengolah bola masih lemah. Terbukti, dari hanya 11 game di liga yang dia mainkan, Yesaya membuat rata-rata 4,9 turnovers per game. Catatan ini menjadikan Yesaya sebagai pemain Patriots dengan jumlah turnovers terbanyak musim ini. 

Tentunya catatan buruk tersebut harus segera diperbaiki kalau dirinya ingin masuk skuad Timnas Indonesia untuk SEA Games. (*)