News Event

Wasit Asal Malaysia Neoh Yuen Yin Ikut Memimpin di Seri Solo

20 October 2023
|

Satu lagi yang istimewa dari IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 seri Grand Final di Solo. Tampak seorang wasit wanita asal Malaysia, Neoh Yuen Yin ikut memimpin pertandingan di kategori Elite. Dia merupakan wasit FIBA 3x3 berlisensi C, yang dikirim khusus oleh FIBA 3x3.

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 merupakan salah satu agenda FIBA 3x3, atau yang dikenal sebagai Quest Tournament. Maka FIBA 3x3 juga menyertakan salah satu wasit resminya di kompetisi ini. Untuk seri terakhir ini, yang didatangkan adalah wasit wanita asal Malaysia bernama Neoh Yuen Yin. Dia meniti karier sebagai wasit di Malaysian Basketball Association (MABA) sejak 2015. Kemudian dia terdaftar sebagai wasit FIBA 3x3 untuk tahun 2023, dengan memegang lisensi C. 

Yuen Yin punya latar belakang pendidikan diploma di INTI International University & Collage. Kemudian gelar bacherlor dengan jurusan marketing didapatkan dari University of Hertfordshire. Penduduk asli Selangor, Malaysia tersebut sudah malang melintang di perwasitan 3x3 cukup lama. Sehingga dia berpengalaman dalam memimpin pertandingan resmi FIBA 3x3 seperti World Tour Masters, Quest dan Challenger. 

Kehadiran Yuen Yin, bisa memberi warna baru di IBL 3x3 Indonesia Tour 2023. Selain itu, wasit-wasit 3x3 dari Indonesia juga bisa belajar darinya. Sekadar informasi, bahwa ada juga wasit dari Indonesia yang memegang lisensi A FIBA 3x3. Dia adalah Donald Francis Quinn. Jadi bisa dibilang bahwa Indonesia juga turut andil dalam perkembangan 3x3 dunia. (*)

Baca Juga: Indonesia Selamat dari Terkaman Malaysia

0 Comments