News Event

Wajah-wajah Baru di Seri Jogja

21 May 2023
|

IBL Tokopedia 2023 akan segera dilanjutkan. Seri keenam dari musim reguler akan berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta pada tangga 24 hingga 31 Mei 2023. Beberapa tim akan tampil beda dari seri sebelumnya. Ada yang mengganti pelatih, pemain asing, sampai penambahan personel dari jajaran manajemen. 

Untuk pergantian pemain, ada RJ Amartha Hangtuah Jakarta. Mereka memutuskan untuk melakukan pergantian pemain asing. Scott James Sill III, yang baru bermain tujuh pertandingan terpaksa diganti karena kurang cocok dengan tim mereka. Sebagai penggantinya, sudah datang pemain bernama Lewis Diankulu, yang akan memulai debutnya di Yogyakarta. 

Kemudian dari kabar terbaru, seminggu jelang liga dilanjutkan, ada Dewa United yang bakal mendatangkan pemain asing baru menggantikan Ramon Galloway. Pemain yang menjadi mesin poin utama dari Dewa United terpaksa harus dilepas.

Dari sisi kepelatihan, ada tiga wajah baru yang akan muncul di Yogyakarta. Pertama ada tim Mountain Gold Timika, yang melepas head coach Predrag Lukic. Tim dengan rekor 5-14 sampai seri Semarang tersebut mengganti Lukic dengan Agus Pamungkas Batbual, yang selama ini sudah menjabat sebagai asisten pelatih. Artinya, di Yogyakarta nanti, jabatan Agus Batbual naik menjadi head coach. 

Elang Pacific Caesar Surabaya juga melakukan pergantian dari sisi kepelatihan. Head coach asal Korea, Sung Jae Sik sudah tidak lagi mendampingi tim ini. Sebagai gantinya, manajemen Pacific menaikkan jabatan Oei A. Kiat sebagai head coach. Pelatih yang sudah malang melintang di basket profesional Indonesia tersebut, musim ini sebenarnya bertugas sebagai asisten pelatih Pacific. Kali ini dia dibebani tugas berat untuk mengangkat performa Pacific dari dasar klasemen sementara IBL Tokopedia 2023. 

Dewa United Banten juga melakukan pergantian. Hanya saja statusnya hanya pelatih pengganti saja. Head coach Maximiliano Seigorman pulang kampung, dan untuk sementara waktu tim Dewa United akan diasuh oleh pelatih Santiago Rimoldi. Dia adalah pelatih yang direkomendasikan oleh Maximiliano Seigorman, sebelum dirinya pulang ke Argentina karena ada urusan keluarga. 

Dari sisi manajemen, RANS PIK Basketball juga melakukan pergantian manajer tim. Pada awal musim 2023, manajer tim dijabat oleh Arvin Ramanda, sampai seri keempat. Kemudian menjelang lanjutan liga atau di seri keenam, RANS mendatangkan Andrey Rido Mahardika sebagai manajer. Dia bukan sosok baru di IBL, karena sebelumnya juga pernah menjadi pemain di beberapa tim kontestan liga. (*)

Baca Juga: Jasa Lukis Wajah Jadi yang Paling Diburu di FIBA World Cup 2023

0 Comments