Tingkatkan Kualitas, NSH Mountain Gold Datangkan Pelatih Asing Berpengalaman


Nov 13, 2021

NSH Mountain Gold Timika tak mau lagi coba-coba. Musim ini mereka langsung menggebrak dengan mendatangkan pelatih asing berpengalaman di berbagai liga internasional. Sosok yang bakal memimpin NSH musim depan adalah Anthony Garbelotto.

Pelatih berkebangsaan Inggris bakal menjadi pelatih asing pertama NSH sejak mereka tampil di liga profesional di tahun 2012. Pelatih berusia 52 tahun ini memulai karir di bidang kepelatihan sejak tahun 1992. Kiprahnya di liga bola basket Inggris sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia pernah membawa Everton Tigers menjuarai BBL pada tahun 2011. 

Pelatih yang akrab disapa Tony Garbelotto tersebut mulai melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara pada tahun 2014. Saat itu dia dikontrak sebagai asisten pelatih tim Saigon Heat Vietnam. Ternyata ada kejadian tak terduga, yaitu pelatih kepala tim tersebut meninggal di pertengahan musim kompetisi. Sehingga Garbelotto yang akhirnya mengambil alih kursi pelatih kepala. Di sana, dia berhasil membawa Saigon Heat ke playoff ASEAN Basketball League untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. 

Soal pengalaman tentu tidak usah diragukan lagi. Bahkan Garbelotto juga sudah teruji di ajang internasional. Dia sempat menjadi pelatih timnas Scotlandia dan Inggris Raya. Terakhir dia tercatat memimpin Inggris Raya mengikuti FIBA World Cup 2019 Qualifiers. Sementara sebelum didatangkan ke tanah air oleh NSH, Garbelotto menukangi tim Ibaraki Robots di B.League, Jepang. 

NSH benar-benar tak ingin kecolongan lagi. Itu terlihat dari strategi mereka di IBL Draft untuk Foreign Player. NSH mengambil kembali Michael Glover. Pemain yang pernah membela tim tersebut di musim 2020. Glover juga merupakan Best Foreign Player. Tampaknya NSH berniat untuk kembali menembus papan atas, setelah kegagalan musim lalu.