News Tim Nasional

Timnas Elite Muda Tak Lolos Babak Penyisihan

23 October 2023
|

Timnas Elite Muda Indonesia saat ini sedang bertanding di "The 10th Zheng Cheng Gong Cup Basketball Championship", yang berlangsung di Nan'an, China. Dari tiga pertandingan penyisihan Grup B, Indonesia hanya menang sekali. Sehingga mereka tidak lolos ke fase kedua. Namun timnas muda masih bermain di laga perebutan peringkat 5-8. 

Hasil dari tiga pertandingan penyisihan Grup B adalah 1-2. Timnas Elite Muda Indonesia kalah 59-64 melawan Malaysia. Kemudian mereka menang telak 70-32 dari Maladewa di laga kedua. Sedangkan pada penyisihan terakhir melawan Nan'an, timnas muda kalah dengan selisih 20 angka 53-73. Sejak awal, fokus pelatih memang di fisik pemain. Karena mereka bermain tiga hari berturut-turut di babak penyisihan. 

Menurut asisten pelatih Andrie Ekayana Satya Santosa, para pemain mengalami progres yang baik dalam turnamen ini. Padahal waktu persiapan bisa dibilang singkat. Mereka berlatih sejak 12 Oktober kemudian bertolak ke China pada 20 Oktober 2023. Sehari kemudian langsung bertanding melawan Malaysia. 

"Progres anak-anak bagus. Dalam waktu persiapan yang pendek, mereka bisa mengeksekusi apa yg diharapkan coaching staff dengan baik," jelas Yayan, yang juga salah satu pemain legendaris IBL. 

Meski tidak lolos ke fase kedua, namun timnas muda masih harus bertanding. Karena timnas muda berada di peringkat ke-3 dan di fase berikutnya dijadwalkan bertanding melawan peringkat 4 grup A, untuk perebutan peringkat 5 hingga 8. 

"Hal bagus di turnamen ini adalah, kita bertemu lawan dengan karakter dan cara bermain yang berbeda-beda. Ini menjadi tantangan buat tim kita, bagaimana cara untuk merespon lawan dan melakukan adaptasi secepat mungkin," imbuh Yayan.

PP Perbasi serius dalam menyiapkan timnas muda, demi masa depan basket Indonesia yang lebih baik. Untuk kali ini, tidak hanya kejuaraan di China saja. Namun para pemain muda pilihan ini juga akan diterjunkan pada kejuaraan di Malaysia, bertajuk Datuk Wira Cup Melaka U-21 pada 3-5 November mendatang. (*)

Baca Juga: Verta dan Elite Juara Kategori Open di IBL Gojek 3x3 Seri Surabaya

0 Comments