News Tim Nasional

Timnas 3x3 Putra Indonesia Gugur di Babak Penyisihan SEA Games 2023

06 May 2023
|

Timnas 3x3 Putra Indonesia terpaksa harus pulang lebih dulu dari Kamboja, dalam gelara SEA Games 2023. Sebab, mereka gugur di babak penyisihan setelah kalah dua kali dari tiga pertandingan. Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam, yang pada akhirnya kedua tim yang berhasil lolos ke semifinal. 

Timnas 3x3 Putra Indonesia berisi empat pemain yaitu Avan Seputra, Laurentius Steven Oei, M. Reza Guntara, dan Nickson Damara Gosal. Mereka harus bertanding tiga kali di babak penyisihan dalam satu hari. Jelas ini bukan jadwal yang mudah untuk dijalani para pemain. 

Pada pertandingan pertama, Indonesia tumbang dari Vietnam dengan pertarungan sengit. Indonesia kalah 18-21 dari Vietnam. Tentu kekalahan ini membuat langkah anak asuh Fandi Andika Ramadhani makin berat. Kemudian di laga kedua, Indonesia akhirnya menang 22-11 dari Laos. Indonesia kali ini bisa mendominasi permainan, karena Laos sendiri pada akhirnya menjadi juru kunci di klasemen Grup A, setelah kalah tiga kali. 

Kemudian di pertandingan terakhir, Indonesia harus berhadapan dengan Filipina. Kali ini ditengah kelelahan, Avan Seputra dan kawan-kawan harus berjuang menaklukkan Filipina yang sebelumnya sudah menang dua kali. Pertandingan baru berjalan tiga menit, Indonesia tertinggal 10-4.

Masalahnya bukan hanya pada serangan dan penyelesaian akhir saja. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan pemain Indonesia sangat menguntungkan bagi Filipina. Lawan sudah mencetak keuggulan 13-7 di lima menit pertama. Tapi Indonesia masih berupaya mengejar ketertinggalan. Filipina semakin di atas angin setelah tembakan dua angka yang dilepaskan menemui sasaran. Mereka unggul 17-8 di sisa waktu empat menit. 

Di sisa waktu tiga menit, rasanya semakin berat bagi Indonesia untuk mengejar. Karena Filipina sudah unggul 20-10, setelah satu free throw dimasukkan. Akhirnya Indonesia kalah dengan skor akhir 11-21 dari Filipina. Dengan kekalahan dari Filipina ini, maka memastikan Indonesia gagal lolos ke semifinal SEA Games 2023 di Kamboja. Karena Indonesia hanya berada di peringkat ketiga Grup A dengan satu kemenangan dari tiga laga. Sementara yang berhasil lolos dari Grup A adalah Filipina dan Vietnam. (*)

Baca Juga: Prestasi Terbaik Basket Indonesia Sepanjang Sejarah SEA Games

0 Comments