News Tim Nasional

Tiga Pemain Juara IBL 2023 Tampil di FIBA Olympic Pre-Qualifiying

10 August 2023
|

Komposisi Timnas Bola Basket Indonesia untuk FIBA Olympic Pre-Qualifiying Tournament kali ini cukup menarik. Karena terdapat tiga pemain juara IBL Tokopedia 2023, dari tim Prawira Harum Bandung. Mereka adalah Yudha Saputera, M. Reza Fahdani Guntara, dan Pandu Wiguna. 

Kalau dilihat dari jumlahnya, memang Satria Muda Pertamina paling banyak, dengan empat pemain yang masuk roster timnas. Antara lain Widyanta Putra Teja, Antoni Erga, Juan Laurent Kokodiputra, dan Kelvin Sanjaya. Sementara Prawira menyumbang tiga pemain, dan Pelita Jaya Bakrie menyumbang dua pemain. Lalu ada satu pemain dari RANS PIK Basketball yaitu Althof Dwira Satrio. 

Kembali ke tim Prawira, kalau dilihat dari situasi yang ada di timnas, maka mereka akan jadi pilar penting. Yudha bakal jadi pengganti Andakara Prastawa Dhyaksa yang cedera. Yudha di IBL Tokopedia 2023 tidak pernah absen. Dia mencetak 13,3 ppg, 4,5 rpg, 4,6 apg, dan 1,5 spg dalam 30 pertandingan reguler season. Sementara di playoffs, Yudha bermain enam kali dengan catatan 14 ppg, 5 rpg, 4,3 apg, dan 1,7 spg, serta menutupnya dengan gelar juara. 

Sementara M. Reza Fahdani Guntara dituntut untuk bisa membawa permainan cemerlang di liga ke timnas. Reza adalah Defensive Player of the Year 2023, Juara IBL 2023, sekaligus MVP Finals IBL 2023. REza mencetak 7,7 ppg dan 6,5 rpg di musim reguler. Kemudian meningkat jadi 9,3 ppg dan 7,8 rpg di babak playoffs. Reza akan kemungkinan akan mengisi posisi yang ditinggalkan Arki Dikania Wisnu. Namun kali ini lebih berat, karena juga didapuk memperkuat pertahanan. 

Kehadiran Pandu Wiguna di roster timnas juga menarik. Bukan hanya sekadar menjadi pengganti Vincent Rivaldi Kosasih, tetapi Pandu memang layak masuk timnas. Pandu musim ini bisa mencetak 4,1 ppg dan 3,5 rpg di musim reguler. Sebagai center, dia bermain sangat bagus. Sehingga membuat Brandone Francis lebih leluasa sebagai forward, dan pendulang poin. Kemungkinan memang seperti itu di timnas kali ini, Pandu ditempatkan sebagai center, dan Marques Bolden akan bermain sebagai forward. 

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Saudi Arabia, Kazakstan, dan Suriah. Dimulai sejak 13 Agustus 2023. (*)

Baca Juga: Berburu Tiket Olimpiade 2024

0 Comments