Semifinal Spesial Bagi Empat Klub IBL Tokopedia 2022


Aug 19, 2022

Sabtu, 20 Agustus, akan dimulai babak Semifinal IBL Tokopedia 2022. Empat tim terbaik yang akan bertanding adalah Prawira Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, dan West Bandits Combiphar Solo. Dikatakan spesial karena keempat tim berpeluang mencetak sejarah baru di liga profesional Indonesia. 

Diawali dari Prawira Bandung. Mereka berhasil lolos ke semifinal IBL untuk pertama kali sejak musim 2016. Prestasi ini berhasil diraih dengan perjuangan yang luar biasa. Mulai dari merekrut pemain-pemain terbaik sejak musim lalu, seperti Abraham Damar Grahita, hingga mendatangkan David Singleton sebagai head coach musim ini. Bahkan musim ini bisa dikatakan sebagai puncak prestasi Prawira dengan tiga gelar individu. Coach of the Year untuk David Singleton, MVP untuk Abraham, dan Rookie of the Year untuk Yudha Saputera. 

Mereka tentunya ingin melengkapi prestasi yang telah dicapai dengan trofi juara IBL. Namun sebelum itu bisa diwujudkan, Prawira terlebih dahulu harus berhadapan dengan Satria Muda di babak semifinal nanti. SM merupakan tim yang tiap musim selalu menargetkan juara. Jadi bakal jadi misi paling berat bagi Prawira. 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau SM berpeluang mencetak sejarah baru kalau mereka juara. Yakni sebagai tim aktif yang mengumpulkan paling banyak trofi kejuaraan baik di liga domestik dan internasional. Jadi SM akan berusaha keras untuk mewujudkan target juara dan mencatatkan sejarah tersebut. 

SM sudah membuktikan kualitas permainan mereka di Playoffs putaran pertama. Dimana SM menang 2-0 atas Amartha Hangtuah Jakarta. Dari keempat kontestan semifinal, SM adalah tim yang belum pernah tersentuh kekalahan. 

Sebaliknya, Pelita Jaya juga punya ambisi untuk menjadi juara musim ini. Berbekal pemain-pemain berpengalaman, serta pemain muda berbakat, PJ berpeluang besar mengakhiri paceklik gelar mereka. Kalau PJ juara musim ini, maka akan jadi gelar ketiga sepanjang perjalanan klub tersebut. PJ menjadi juara liga di tahun 1992 dan 2017. Selebihnya, mereka hanya menjadi finalis saja. Sama seperti tahun lalu. 

Lawan PJ di semifinal adalah West Bandits Combiphar Solo. Tim yang punya rekor dua kali ikut liga dan dua kali sampai ke semifinal. Seperti disampaikan Widyanta Putra Teja, bahwa mereka sudah sampai di titik ini. Sekarang, West Bandits ingin lebih baik lagi. Dengan kata lain, mereka akan berusaha untuk mencapai Final IBL musim 2022. 

Semifinal IBL Tokopedia 2022 akan dimulai Sabtu, 20 Agustus 2022. Sistem pertandingan yang digunakan adalah best-of-three. Sehingga kalau terjadi kedudukan sama kuat di game kedua, maka akan ada game penentuan atau do-or-die. (*)