Sejarah, Pacific Menapak Semifinal


Mar 02, 2019

Pacific Caesar mencatat sejarah. Untuk pertamakalinya tim asal Surabaya ini mencapai semifinal kompetisi bola basket tertinggi Indonesia. Pacific melaju ke babak tersebut setelah menundukkan Pelita Jaya 67-66 di babak play off IBL Pertamax 2018-19 di Hi Test Arena Batam, Sabtu (2/3).

"Anak anak luar biasa. Mereka bekerja keras konsisten dan tetap percaya diri membuktikan bahwa yang dibilang orang tak mungkin terjadi bisa saja terjadi," kata pelatih Pacific, Kencana Wukir.

Tujuh detik sebelum laga berakhir, bola dalam penguasaan PJ. "Saya hanya tanya pemain yakin menang atau tidak dan mereka serempak teriak yakin. Maka saya minta mereka fokus dan konsisten menjaga," kata Kiki, sapaan Wukir.

Qa'rrahan Aleem Calhoun mencatat double double dengan 20 poin dan 16 rebound. Jjuan Hadnot juga membuat double double dengan 15 angka dan 13 rebound. Okky Arista menambah sepuluh angka bagi Pacific.

Kapten tim Pacific, Muhammad Hardian Wicaksono membuat delapan poin. "Saya agak grogi di akhir, mungkin sudah kepikiran semifinal. Pacific mencatat sejarah. Saya tak bisa banyak bicara," kata Wicaksono.

Pelatih Pelita Jaya, Fictor Roring mengakui keunggulan Pacific. "Pacific memang selalu menyulitkan kita. Dua kali kekalahan hanya satu angka memang menyakitkan," kata Ito, sapaan Fictor.

"Anak anak sudah berusaha keras. Kami sudah bermain lebih agresif dibanding tim pertama tetapi tetap kalah. Sebenarnya permainan fifty fifty," katanya.