Kisah Inspiratif dari Tengku Ryan, Berjuang Melawan Hepatitis Sampai Sembuh


Jan 03, 2021

Dunia seakan terbalik bagi Tengku Ryan pada 2014. Ia divonis mengalami hepatitis.

 

Ryan sempat mau menyerah, tetapi semangat dari orang sekitar membuatnya kuat. Apalagi, klub yang dibelanya, NSH Jakarta juga membantu baik moril maupun materil.

 

“Saat itu, dokter bilang bahwa ada dua juta orang di dunia yang punya penyakit sama dengan saya dan mereka sembuh. Saya diminta tidak menyerah,” tutur Ryan.

 

“Saya akui, berat pada saat itu. Sempat ingin berserah saja,

tetapi ternyata semangat itu kembali,” imbuh Ryan.

Ryan menjalani pemulihan hepatitis selama enam bulan.

Dalam proses itu, pria berusia 33 tahun tersebut tak pernah berhenti memikirkan basket.

 

“Saya bertekad untuk bisa bermain lagi. Ingin membalas kebaikan NSH Jakarta dan juga basket yang sudah menjadi bagian hidup,” tutur Ryan.

 

Perjuangan Ryan sembuh tidak percuma. Ia bisa kembali bermain dan membela NSH Jakarta. Ryan bisa membalas budi dengan membawa NSH Jakarta tembus ke semifinal pada IBL 2019.

 

Bahkan, pada IBL 2020, Ryan berkesempatan memersembahkan gelar juara bagi NSH Jakarta. Sayang, kompetisi dibatalkan akibat pandemi virus corona.

 

Ryan saat ini telah memutuskan gantung sepatu. Ia merasa sudah cukup, pencapian di 2019 dan 2020 membuatnya puas.

 

“Saya merasa sudah cukup. Ini saatnya berhenti, sebenarnya ingin membawa NSH Jakarta ke prestasi lebih tinggi lagi, tetapi dengan pencapaian di 2019 dan 2020 ini, saya bisa sedikit membalas semangat yang pernah diberikan tim ini kepasa saya dulu,” ujar Ryan.