Kaleb dan Kedua Pahlawan Basketnya


Aug 20, 2019

Kaleb Ramot Gemilang, MVP IBL Pertamax 2018/2019, bercerita sedikit mengenai sosok yang dianggapnya sebagai pahlawannya di dunia basket. Tentu saja, orang tua adalah pahlawan Kaleb dalam hidupnya, karena bagi Kaleb arti pahlawan adalah mereka yang rela berkorban. “Bagi saya  pribadi sih artinya orang yang rela mengorbankan hidupnya, kesenangan dia, uang dia, waktu dia, energi dia, dan yang lainnya untuk menolong orang lain,” jelas Kaleb.

Selain orang tuanya, Kaleb juga menjadikan kedua pelatihnya Alm. Sandi Gunawan dan Ricky Gunawan atau yang sering ia sapa Ko Ricky. Keduanya berjasa bagi kaleb pada saat dirinya bermain untuk ITHB dan juga saat PON Jabar. “Merekalah yang menolong saya , bukan hanya di basket dengan membawa gue juara ini dan itu saat SMP, SMA, Kuliah, dan PON, tapi juga mengajarkan bagaimana saya hidup,” terang Kaleb

“Saya selalu ingat kata-kata Ko Ricky, ‘Saya senang kalo kamu jadi pemain basket yang hebat, tapi saya akan lebih senang kalo kamu jadi manusia yg hebat’,” lanjut Kaleb. Memiliki pengaruh yang sangat besar dalam karir basketnya, tentunya kedua sosok tersebut layak dinobatkan untuk menjadi pahlawan basket bagi Kaleb. 

Selain kedua orang pelatihnya yang sudah disebutkan di atas, ada lagi panutan Kaleb yang sempat menjadi teman 1 timnya, yaitu Fandi Andika Ramadhani atau yang biasa kita kenal dengan panggilan Rama.

“Hidup saya tertata dan tertolong melalui apa yang mereka tanamkan ke saya  melalui basket,” tutup Kaleb.