Kabar Yo Sua Comeback, Tapi Tak Lagi Bersama Bali United


Oct 20, 2022

Yo Sua sudah resmi meninggalkan Bali United Basketball Club. Ini jelas, karena dia sudah tidak bermain di IBL musim 2022. Tapi rumornya, Yo Sua akan comeback. Lalu di tim manakah dia akan berlabuh?

Bila mengikuti perjalanan liga bola basket tanah air, maka tidak asing lagi dengan nama Yo Sua. Guard lincah yang menjadi andalan Satya Wacana Salatiga, lalu pindah ke Satria Muda pada tahun 2015. Yo Sua sempat mengumumkan pensiun setelah dari SM, dan tidak muncul di liga Indonesia dalam beberapa musim. 

Tetapi pada musim 2021, saat liga diselenggarakan di masa pandemi, Yo Sua comeback untuk pertama kalinya. Dia menerima tawaran dari Bali United Basketball Club, yang juga baru bergabung dengan IBL waktu itu. Di musim 2021, Yo Sua bermain 16 pertandingan dengan menit bermain sebanyak 20,7 menit per game. Dia punya kontribusi rata-rata 6,8 ppg, 1,9 rpg, 2,2 apg, dan 1,1 spg. 

Sekarang, muncul berita bahwa Yo Sua akan bermain kembali. Namun dari kabar yang beredar, belum ada yang benar-benar kuat. Karena kalau kita lihat pergerakan bursa transfer yang semakin menarik, banyak tim-tim yang justru melepaskan pemain guard. Sebut saja Satya Wacana, Prawira Bandung, hingga West Bandits yang merilis bahwa mereka berpisah dengan pemain yang berposisi sebagai guard. 

Kalau memang benar akan bermain lagi, Yo Sua tidak akan berada di lini pertama atau pemain inti. Mengingat usianya sudah tidak muda lagi. Tapi keberadaan Yo Sua di bench bisa menjadi penyeimbang tim antara tim inti dengan lini kedua. Semoga segera ada kabar baik soal pemain ini. (*)