Jalan Berliku Widy untuk Membela Tim Nasional


Jul 13, 2021

Tak mudah bagi Widyanta Putra Teja untuk memakai seragam tim nasional basket Indonesia. Penggawa West Bandits Solo itu perlu menunggu hingga dua tahun sebelum akhirnya bisa membela tim Garuda.

Widy pertama kali mendapat panggilan latihan bersama tim nasioal basket Indonesia pada 2019. Akan tetapi, di pemanggilan pertama itu, Widy tak tembus ke tim utama.

Widy kemudian tak patah arang. Pebasket asal Bali itu terus mengasah diri hingga akhirnya kembali dipanggil pada pemusatan latihan jelang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Kali ini, Widy berhasil menembus tim utama dan memakai seragam tim nasional basket Indonesia. Perasaan bangga itu tak akan dilupakan Widy seumur hidup.

“Awal mulanya tidak mudah bisa membela timnas lagi, dari awal terpilih,kemudian tercoret di 2019, banyak rintangan untuk bisa membuktikan bahwa saya layak di timnas,” ujar Widy.

“Perjuangan saya untuk bisa berkompetisi bersama tim nasional itu tidak mudah. Tidak semua punya kesempatan, tetapi saya diberi kesempatan itu untuk membela tim nasional,” imbuhnya.

Widy kini masih menjadi bagian tim nasional basket Indonesia dalam persiapan menuju FIBA Asia Cup 2021. Pebasket berusia 24 tahun itu kini memupuk mimpi agar bisa tampil pada ajang empat tahunan itu yang berlangsung di Indonesia pada Agustus nanti.