Indonesia Belum Terkalahkan, Tundukkan Singapura


May 20, 2022

Tim nasional putra Indonesia kembali memetik kemenangan pada SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam. Kemenangan keempat diperoleh setelah menundukkan Singapura, 91-61 di Thanh Tri Gymnasium, Jumat, 20 Mei.

Indonesia unggul lima angka diawal laga lewat Vincent Rivaldi Kosasih dan tembakan tiga angka Abraham Damar Grahita, namun Singapura mengejar dan berbalik unggul 13-5 lewat Mitchell Frederick Folkoff, Delvin Goh , dan Wei Meng Leon Kwek. Indonesia dengan cepat membalas lewat raihan angka Andakara Prastawa Dhyaksa, Juan Laurent Kokodiputro, Derrick Michael Xzaveiro, Brandon Jawato dan Abraham, 18-13.

Singapura kemudian menyamakan kedudukan lewat Kwek dan Liew, tetapi poin dari Prastawa dan Abraham menutup kuarter pertama untuk keunggulan tim Merah Putih, 22-18 di kuarter pertama.

Arki Dikania Wisnu mencetak angka pada awal  kuarter kedua. Kwek memborong poin Negeri Singa dan menyamakan angka, 24-24. Three points Prastawa dan Derrick mengembalikan keunggulan, 20-24. Dua angka Folkoff dibalas tiga angka dari Agassi Yesse Goantara. Lima menit akhir babak pertama Indonesia memimpin 33-26.

Dunk Dame Diagne dan lay up Arki menjauhkan keunggulan. Brandon dan Derrick membuat Indonesia makin melesat. Lavin Raj V. memperkecil ketinggalan Singapura. Lay up Brandon dibalas tiga angka Liew dan Vincent mencetak angka bagi Indonesia untuk unggul 48-31 pada babak pertama. 

Indonesia makin menjauh pada kuarter ketiga. Arki dkk mencetak 22 angka pada kuarter ini, sementara lawan hanya mampu mengemas 11 poin. Indonesia menatap kuarter terakhir dengan unggul 28 angka, 70-42. Keungulan terus dipertahankan dan Indonesia memenangkan pertandingan dengan selisih 30 poin, 91-61.

Prastawa menjadi pencetak angka terbanyak dengan melesakkan 20 poin. Brandon mengemas 11 angka. Derrick membuat sembilan angka dan sembilan rebound plus lima blok.

Di kubu Singapura, Kwek membuat 21 poin dan Folkoff mengemas sepuluh angka. 

Indonesia akan melawan tim tuan rumah Vietnam pada Sabtu, 21 Mei dan menghadapi tim terkuat Filipina pada Minggu, 22 Mei.

 

Credit Foto:Ariya Kurniawan